Rakernas PDIP Digelar Tertutup, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir

Senin, 05 Juni 2023 - 13:33 WIB
loading...
Rakernas PDIP Digelar Tertutup, Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Presiden Jokowi dijadwalkan hadiri pembukaan Rakernas ke-III PDIP. Foto/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-III Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Rakernas ini akan digelar pada 6 hingga 8 Juni 2023.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Presiden Jokowi dijadwalkan hadiri pembukaan Rakernas ke-III PDIP. Dalam acara itu, Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memberikan pidato politik.

"Pembukaan rakernas akan dihadiri oleh Bapak Presiden Jokowi. Di dalam pidato politik Ibu Megawati Soekarnoputri dan juga sambutan arahan dari Presiden Indonesia Bapak Presiden Jokowi, dengan mohon maaf nanti akan disampaikan secara tertutup," kata Hasto saat jumpa pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023).



Hasto menjelaskan, alasan tertutupnya pidato tokoh negara itu lantaran rakernas merupakan forum penting untuk membahas strategi pemenangan Pemilu 2024. Salah satunya yakni target kursi yang akan dicapai hingga merealisasikan visi-misi bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.

"Dengan demikian di dalam rakernas ini, aspek-aspek pemerintahan ke depan agenda strategisnya, visi misinya aspek-aspek pemenangan pemilu dan kemudian ideologi keberpihakan terhadap wong cilik, itu akan dibahas secara khusus," ucap Hasto.

Tak hanya itu, Hasto menyebutkan, Bacapres PDIP Ganjar Pranowo dan sejumlah kader PDIP yang menjabat sebagai kepala daerah jiga akan hadiri forum rakernas tersebut.

"Di dalam rakernas ketiga ini juga akan dihadiri oleh jajaran DPP PDI Perjuangan, ketua, sekretaris, bendahara DPD PDIP Perjuangan se-Indonesia. Kemudian pimpinan kelompok fraksi dari Komisi 1 sampai 11 Fraksi PDI Perjuangan," tutur Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, Rakernas Ketiga PDIP ini akan mengusung tema Fakir Miskin dan Anak Terlantar Dipelihara Oleh Negara. Dalam forum itu, kata Hasto, akan dirumuskan usulan untuk dijadikan kebijakan pengentasan kemiskinan oleh pemerintah.

"Guna memantapkan di dalam mengusulkan rekomendasi, maka kami juga mengundang beberapa kepala daerah dari PDIP yang selama ini telah menjalankan perintah partai di dalam memerangi kemiskinan dan mempromosikan kemakmuran, keadilan untuk semua," ucap Hasto.

"Yaitu Wali kota Surabaya, Wali kota Solo, Wali kota Semarang, Bupati Banyuwangi, Wali kota Tidore, untuk nantinya menyampaikan bagaimana kebijakan dan perintah konstitusi, perintah partai itu dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3442 seconds (0.1#10.140)