Pentingnya Sinergi Semua Pihak untuk Akhiri Polusi Plastik

Jum'at, 02 Juni 2023 - 03:58 WIB
loading...
Pentingnya Sinergi Semua Pihak untuk Akhiri Polusi Plastik
Direktur Jenderal PSLB3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati di Markas UNESCO, Paris, Rabu 31 Mei 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Masalah lingkungan terutama terkait sampah dan limbah plastik , dinilai perlu sinergi semua pihak. Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati.

Rosa menegaskan, Indonesia mendukung penuh agenda global untuk mengakhiri polusi plastik termasuk di lingkungan laut, karena sangat sejalan dengan kebijakan dan regulasi nasional dalam memerangi limbah dan polusi plastik.



Pandangan tersebut terungkap saat Rosa Vivien dalam pernyataan resmi Indonesia poin ke-2 di sidang pleno keempat the Second Session of the Intergovernmental Negotiating Committee (INC-2) di Markas UNESCO, Paris, akhir bulan ini sebagaimana pernyataan pers dari delegasi Indonesia, Rabu 31 Mei 2023.

"Kami memiliki komitmen yang kuat untuk bergabung dengan gerakan global untuk mengakhiri polusi plastik melalui pembentukan instrumen yang mengikat secara hukum internasional," kata Rosa Vivien.

Pada poin ketiga pernyataannya, Rosa Vivien yang memimpin delegasi Indonesia beranggotakan 19 orang dari tiga kementerian itu menyatakan, Indonesia menyelaraskan diri dengan pernyataan regional Asia Pacific Group (APG), dan menambahkan sejumlah materi penting.

Pertama, Indonesia menyadari sepenuhnya bahwa terdapat kesenjangan antara negara-negara anggota dalam hal negara maju, negara berkembang, dan negara kurang berkembang yang harus diseimbangkan selama proses negosiasi INC-2.



"Jadi, kami berharap instrumen tersebut dapat mengembangkan lingkungan yang memungkinkan untuk menciptakan lapangan permainan yang setara," ucapnya.

Kemudian yang kedua kata Rosa, Indonesia sangat berharap dengan memiliki pemahaman yang sama dan definisi yang disepakati tentang siklus hidup penuh plastik karena itu adalah pendekatan dasar untuk membangun teks negosiasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)