BMKG Prediksi Hujan Lebat Guyur 16 Provinsi Hari Ini

Selasa, 30 Mei 2023 - 04:49 WIB
loading...
A A A
"Kemudian wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat dan juga petir serta angin kencang terdapat di wilayah Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur dan juga Papua Barat," urainya.

Kemudian, Gumilang memberikan peringatan dini IBF (Impact Based Forecast) atau dampak berbasis cuaca untuk level waspada yang terdapat di sejumlah daerah. Yakni di wilayah Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku dan juga Papua.

Prakiraan Cuaca 34 Kota

Adapun prakiraan cuaca lengkap di 34 kota besar di Indonesia, Gumilang menjelaskan, di Pulau Sumatera, potensi hujan dengan intensitas ringan esok hari terdapat Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang dan juga Bengkulu. Untuk hujan dengan intensitas sedang esok hari berpotensi terjadi di Medan dan juga Tanjung Pinang. Namun, perlu diwaspadai di wilayah Jambi dan juga Pangkal Pinang karena berpotensi turun hujan yang dapat disertai kilat dan juga petir.

"Kemudian untuk sobat yang berada di wilayah Bandar Lampung dan juga Padang kondisi cuaca esok hari cenderung cera berawan hingga berawan," sambungnya.

Di Jawa, Gumilang menjelaskan, potensi hujan dengan intensitas ringan terdapat di wilayah Jakarta dan juga Bandung. Sementara itu untuk wilayah Surabaya, Serang Semarang dan juga di Yogyakarta kondisi cuaca cenderung cerah berawan hingga berawan.

Selanjutnya, untuk wilayah Bali hingga Nusa Tenggara Timur kondisi cuaca cenderung cerah berawan hingga berawan. Untuk Pulau Kalimantan, dia menjelaskan, potensi hujan dengan intensitas ringan terdapat di wilayah Tanjung Selor dan juga Samarinda. Waspadai hujan yang dapat disertai kilat dan juga petir di wilayah Pontianak.



"Lalu kemudian untuk wilayah Banjarmasin dan juga Palangkaraya esok hari kondisi cuaca cenderung cerah berawan hingga berawan," jelasnya.

Untuk Sulawesi, hujan dengan intensitas ringan terdapat di wilayah Kendari Kemudian untuk wilayah Manado, Gorontalo, Palu, Mamuju dan juga Makassar kondisi cuaca cenderung cerah berawan hingga berawan.

Selanjutnya, dia menambahkan, untuk wilayah timur Indonesia hujan dengan intensitas ringan terdapat di wilayah Ternate, Ambon dan juga Manokwari. Untuk wilayah Jayapura kondisi cuaca cenderung berawan.

"Demikianlah sobat informasi yang dapat kami sampaikan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Tak lupa Kami selalu menghimbau sobat untuk tetap memperbarui informasi terkait dengan cuaca iklim kualitas udara serta gempa bumi melalui laman web www.bmkg.co.id atau sobat dapat menghubungi call center kami di 196," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)