Jenderal Polisi Bintang 2 Ini Jadi Guru Besar Ke-241 Muhammadiyah

Minggu, 28 Mei 2023 - 08:16 WIB
loading...
Jenderal Polisi Bintang 2 Ini Jadi Guru Besar Ke-241 Muhammadiyah
Irjen Pol Dadang Hartanto dikukuhkan sebagai profesor bidang Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Foto/muhammadiyah.or.id
A A A
JAKARTA - Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Dadang Hartanto SIK M.Si dikukuhkan sebagai guru besa r atau profesor bidang Ilmu Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Sabtu (27/5/2023). Dadang menjadi guru besar ke-12 UMSU sekaligus guru besar ke-241 Muhammadiyah

Dalam prosesi pengukuhan, Dadang menyampaikan orasi imiah berjudul Good Governance Berbasis Learning Organization di Era Vuca. Seusai penyematan lencana guru besar UMSU, Dadang mengatakan, mendapatkan pengukuhan sebagai guru besar merupakan hasil perjuangan yang didukung banyak pihak, mulai rektor dan sivitas akademika UMSU hingga Polri.

Jenderal Polisi Bintang 2 Ini Jadi Guru Besar Ke-241 Muhammadiyah

Foto/Humas Polri
“Saya mengucapkan terima kasih atas semua perjuangan yang selama ini dilaksanakan,” ujar Dadang di Auditorium Kampus UMSU.

Dadang berharap, setelah mendapat pengukuhan sebagai guru besar, dia bisa memberikan kontribusi lebih banyak untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menanamkan nilai-nilai melalui dunia pendidikan. ”Insyaallah kalau itu terus bergulir kita harapkan bangsa kita semakin baik,” kata mantan Wakapolda Sumatera Utara ini.



Pengukuhan Dadang dihadiri Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo serta sejumlah tokoh nasional. Dalam sambutannya, Haedar Nashir memuji pencapaian Dadang. “Betul-betul lewat perjuangan dan tidak instan. Ini yang paling penting,” kata Haedar, dikutip dari muhammadiyah.or.id, Minggu (28/3/2023).

Dalam sambutannya Haedar tak lupa mengingatkan bahwa menjadi guru besar berarti juga naiknya tanggung jawab kebangsaan. Pertama yaitu peran moral. Bagaimana peran akademik dapat terus menjadi kekuatan yang membangun karakter, integritas, moralitas, dan etika warga bangsa serta para elitnya di negeri ini.

Guru besar, kata Haedar, harus mampu mengolah tiga modal nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk teraktualisasi menjadi keadaban publik. Tiga hal itu antara lain adalah nilai Pancasila sebagai dasar negara, nilai agama yang telah hidup di tubuh bangsa selama berabad-abad, dan nilai kebudayaan luhur yang hidup di setiap daerah dan berakumulasi menjadi kebudayaan nasional.

“Nah potensi nilai luhur itu harus terus didorong, dikapitalisasi dan diciptakan eksosistemnya. Nah peran kaum akademik adalah terus mentransfer nilai-nilai moralitas itu agar jadi moralitas publik. Menanamkan kepercayaan, amanah, etika, dan segala (standar) baik-buruk, benar-salah, pantas-tidak pantas,” ujarnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)