2 Jenderal Polisi Simanjuntak Berkarier Cemerlang

Senin, 17 April 2023 - 21:17 WIB
loading...
2 Jenderal Polisi Simanjuntak Berkarier Cemerlang
Terdapat dua jenderal polisi bermarga Batak Simanjuntak dengan karier yang cuup cemerlang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat dua jenderal polisi bermarga Batak Simanjuntak dengan karier yang cuup cemerlang. Mereka adalah Irjen R.Z. Panca Putra dan Brigjen Henry Parlinggoman Simanjuntak.

Keduanya saat ini masih aktif di kepolisian dan punya prestasi cemerlang hingga mampu mendapat pangkat dalam jajaran Perwira Tinggi Polisi. Marga Simanjuntak sendiri tergolong ke dalam Marga Batak Toba yang berasal dari Kabupaten Toba Samosir.


Profil Singkat 2 Jenderal Polisi yang Bermarga Batak Simanjuntak

Berikut ini profil singkat dua jenderal polisi bermarga Batak Simanjuntak yang terdiri dari jenderal bintang satu dan dua.

1. Brigjen Henry Parlinggoman Simanjuntak

Brigjen Henry lahir pada 22 Februari 1966 di Medan, Sumatera Utara. Selama berkarier di kepolisian, dia terbilang punya pengalaman yang cukup banyak di Badan Narkotika Nasional.

Dimulai ketika lulusan Akpol 1988 ini menjadi Penyidik Utama Tk. III Dit IV/Narkoba Bareskrim Polri di tahun 2010.

Sepuluh tahun berselang setelah menjalani beberapa perpindahan jabatan dan kenaikan pangkat, jenderal bintang satu ini ditunjuk untuk jadi Kepala BNNP Kalimantan Utara di awal tahun 2020.

Setahun berselang, tepatnya pada 18 Januari 2021, Henry dimutasi ke Kepulauan Riau untuk menjadi Kepala BNNP.


2. Irjen R.Z. Panca Putra Simanjuntak

Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak lahir pada 19 Januari 1969 di Balige, Sumatera Utara. Kini dia tengah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Sebelumnya, lulusan Akpol 1990 ini sempat aktif bertugas di Jawa Tengah dengan riwayat jabatan, Kapolres Banyumas, Kapolres Tegal tahun 2010, dan Wadirreskrimsus Polda Jateng pada 2011.

Jenderal bintang dua ini juga sempat bertugas menjadi Direktur Penyidikan KPK pada tahun 2018 silam. Dua tahun setelahnya, dia diangkat untuk menjadi Kapolda Sulawesi Utara.

Setahun berselang, tepatnya pada 24 Februari 2021, Irjen Panca Putra dimutasi untuk menjadi Kapolda Sumatera Utara.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)