Mengenal Sejarah Korps Polairud Baharkam Polri, Pendukung Tugas Kepolisian di Sektor Air dan Udara

Jum'at, 26 Mei 2023 - 14:19 WIB
loading...
Mengenal Sejarah Korps Polairud Baharkam Polri, Pendukung Tugas Kepolisian di Sektor Air dan Udara
Korps Polairud Baharkam Polri memiliki sejarah panjang yang menarik untuk diulas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Korps Polairud Baharkam Polri memiliki sejarah panjang yang menarik untuk diulas. Satuan tersebut akan genap berusia 73 tahun pada 1 Desember 2023 mendatang.

Korpolairud Baharkam Polri adalah singkatan dari Korps Kepolisian Air dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Republik Indonesia. Satuan ini merupakan unit pendukung tugas kepolisian di sektor air (sungai/laut) dan udara.


Sejarah Korps Polairud

Korps Polairud Baharkam Polri telah terbentuk sejak puluhan tahun lalu. Satuan ini didirikan berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tahun 1951 tentang penetapan Polisi Perairan sebagai bagian dari Jawatan Kepolisian Negara terhitung 1 Desember 1950.

Mengutip laman News Korpolairud, Jumat (26/5/2023), pemerintah Indonesia sejatinya telah berusaha membentuk Polisi Perairan pada 1948. Namun, upaya tersebut harus tertunda akibat Agresi Militer Belanda II.

Barulah setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia di Konferensi Meja Bundar (KMB) tahun 1949, pembentukan Polisi Perairan ini dilaksanakan. Kala itu, RS Soekanto selaku Kepala Kepolisian Negara menunjuk Kombes Pol RP Sudarsono menjadi Kepala Bagian Polair.

Pada perkembangannya, dibentuk juga Polisi Udara dengan SK Perdana Menteri Nomor: 510.PM/1956 tanggal 5 Desember 1956. Setelahnya, menjadi resmi nama bagian Polisi Perairan dan Polisi Udara

Seiring waktu, sejumlah perubahan terjadi pada satuan ini. Pada 1958, Polairud menjadi Dinas Perairan dan Udara serta berada di bawah Direktorat III.

Dalam hal ini, Polairud terbagi menjadi dua bagian. Seksi Air yang dipimpin Komisaris Polisi II Soetarjo Kartadihardja dan Seksi Udara dipimpin Komisaris Polisi I Drs Harsono.



Kemudian, muncul UU Nomor 13 tahun 1961 tentang UU Pokok Kepolisian Negara. Hal ini membuat Dinas Perairan dan Udara berubah lagi menjadi Korps Airud.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)