Menteri PPPA Tegaskan Anak Punya Hak Sama dengan Orang Dewasa

Kamis, 23 Juli 2020 - 16:03 WIB
loading...
Menteri PPPA Tegaskan Anak Punya Hak Sama dengan Orang Dewasa
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga menegaskan bahwa anak-anak merupakan aset bangsa. FOTO/SINDOnews/BINTI MUFARIDA
A A A
JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga menegaskan bahwa anak-anak merupakan aset bangsa. Menurutnya, anak-anak juga mempunyai hak yang sama dengan orang dewasa.

"Sebenarnya anak-anak itu mempunyai hak yang sama haknya sama dengan orang dewasa," katanya dalam diskusi Peringatan Hari Anak Nasional 2020 bertemakan "Melindungi Anak di Masa Pandemi" di Media Center Satuan Tugas COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Bintang, sapaan akrabnya menegaskan, hak dasar itu telah diatur dalam Konvensi Hak Anak dan Undang-undang Perlindungan Anak. "Anak-anak itu mempunyai empat hak dasar. Yang pertama hak untuk hidup, yang kedua hak untuk tumbuh dan berkembang, yang ketiga untuk dilindungi baik dari sisi kekerasan, eksploitasi, demikian juga perlakuan salah lainnya, dan yang keempat itu adalah hak untuk partisipasi," katanya.( )

"Tentunya dari empat hak dasar yang dimiliki oleh anak-anak, ibu sangat berharap kalian tahu ke proaktif ya untuk memperjuangkan hak-hak kalian. Sehingga kalian nanti menjadi anak-anak yang hebat karena anak-anak ini adalah aset bangsa yang akan menentukan bangsa dan negara kita yang kita cinta ini," kata Bintang.

Pada kesempatan itu, Bintang mendapatkan pertanyaan dari anak-anak. Kapan kita bisa pergi ke sekolah? Ia pun menjelaskan, "Kita ini, sekarang ini mengalami situasi yang sangat sulit. Tidak hanya Indonesia, pandemi ini hampir di 210 negara. Kenapa tidak ke sekolah, harus di rumah? Ini adalah kebijakan-kebijakan yang disampaikan kemudian diharapkan oleh pemerintah agar kalian aman dari COVID-19 ini," ujar Bintang.

Menteri PPPA meminta anak-anak Indonesia untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. "Ibu harapkan dari seluruh anak-anak Indonesia, di masa pandemi ini ibu harapkan kalian semua taati protokol kesehatan yang sudah disampaikan oleh pemerintah."( )

"Nah, protokol kesehatannya itu seperti apa? Ini juga pesan dari bapak Presiden, ibu pertegas pesannya harus adaptasi dengan tatanan hidup yang baru. Nah itu dengan apa? kita sering-sering cuci tangan, pakai masker, jauhi kerumunan, dan jaga jarak," kata Bintang.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)