Kemenag Inisiasi Pembentukan Organisasi Profesi Penyuluh Agama

Rabu, 24 Mei 2023 - 20:16 WIB
loading...
A A A


Kini total jumlah yang terdaftar di Kementerian Agama sebagai penyuluh agama PNS dan penyuluh agama non-PNS sudah hampir 100 ribu, dan penyuluh agama Islam menempati posisi paling banyak, kurang lebih 50 ribu orang. Mereka kini berhimpun, berkongres untuk pertama kali, sekaligus menyelenggarakan musyawarah kerja nasional “Pembentukan dan Pelantikan Pengurus Organisasi Profesi Penyuluh Agama 2023.” Pendeklarasian nama organisasi dan pelantikan para pengurusnya akan diselenggarakan pada akhir kongres pertama ini.

Kongres pertama para penyuluh agama nanti dibuka oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin. Selain seminar mengenai pentingnya peran penyuluh agama dalam revolusi mental dan pembangunan nasional, dalam kongres juga akan dideklarasikan organisasi profesi dengan nama Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI).

Zayadi mengungkapkan, kongres dan musyawarah kerja nasional yang akan diselenggarakan di wilayah Jakarta Barat ini akan dihadiri oleh 100 penyuluh agama dari 34 provinsi serta dapat diikuti secara daring oleh para penyuluh agama yang tersebar hingga kantor-kantor urusan agama (KUA) kecamatan di seluruh Indonesia. ”Mereka sangat antusias karena acara ini merupakan rekognisi, pengakuan, atas keberadaan mereka. Para penyuluh itu merasa gembira karena selama ini terkadang mereka perlu ruang berbagi dengan sesama penyuluh agama, memecahkan masalah, merumuskan metode baru dalam penyuluhan, juga berkompetisi secara sehat,” ucapnya.

Pada Jumat (26/5/2023) malam, deklarasi organisasi profesi penyuluh agama, IPARI, dan pelantikan pengurus akan dilakukan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sekaligus menutup rangkaian Kongres IPARI Pertama ini.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)