106 Anggota KPU dari 20 Provinsi Dilantik

Rabu, 24 Mei 2023 - 11:44 WIB
loading...
106 Anggota KPU dari 20 Provinsi Dilantik
Ketua KPU Hasyim Asyari dalam pidato pelantikan Anggota KPU Provinsi. Foto/Danandaya Arya Putra/MPI
A A A
JAKARTA - 106 anggota Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) dari 20 Provinsi dilantik pada Rabu (24/5/2023) pagi. Pelantikan ini dilangsungkan di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Dari pantauan MNC Portal Indonesia, tampak kehadiran 106 anggota KPU baru yang dilantik ini untuk periode 2023-2028. Sedangkan sanak saudara yang ikut mendampingi disediakan tenda dengan video tron di halaman KPU.

Terlihat sanak saudara yang mendampingi keluarganya yang dilantik mayoritas menggunakan pakaian batik. Mereka terlihat fokus menyaksikan agenda pelantikan ini.

Selain pengambilan sumpah jabatan kepada anggota baru KPU. Acara pelantikan ini juga dihiasi oleh pertunjukan Marching Band.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam pidatonya menyebutkan, anggota yang telah mengucapkan sumpah jabatan, agar bisa amanah menjalankan pekerjaan barunya.

Sebab kata dia, pengambilan sumpah jabatan disaksikan seluruh masyarakat Indonesia karena disiarkan live melalui YouTube KPU RI.

"Izinkan saya mengingatkan sodara-sodara. Pengucapan sumpah janji ini bukan hanya untuk diri sendiri, tapi disaksikan oleh masyarakat luas," kata Hasyim di Kantor KPU.

Ia menceritakan dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara Pemilu, para anggota baru tentunya harus mempunyai kompetensi. Dua hal yang harus dimiliki anggota baru di antaranya pengetahuan tentang Pemilu dan pengalaman dala mengawal pesta demokrasi.

"Kita harus punya kompetensi sebagai penyelanggar Pemilu, berbasis pada dua hal yang pertama adalah pengetahuan dan pengalaman," ucap Hasyim.

Rangkaian acara ini ditutup dengan foto bersama di lantai 2 gedung KPU, anggota baru laki-laku terlihat menggunakan pakaian formal dengan kemeja putih dan dibalut dengan jas. Sedangkan perempuan terlihat rapih menggunakan kebaya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)