Jokowi Sambut Kedatangan Pimpinan Negara Peserta KTT Ke-42 ASEAN

Rabu, 10 Mei 2023 - 08:40 WIB
loading...
Jokowi Sambut Kedatangan Pimpinan Negara Peserta KTT Ke-42 ASEAN
Presiden Jokowi menyambut PM Kamboja Hun Sen di di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/5/2023) pagi. Foto/Youtube Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut para pemimpin negara ASEAN yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023) pagi.

Tiba terlebih dahulu sekitar pukul 07.00 WIB Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen. Jokowi yang telh menunggu pun menyambut Hun Sen dengan senyum dan jabat tangan. Keduanya pun berfoto bersama sebelum Jokowi mempersilakan Hun Sen untuk masuk ke tempat penyelenggaraan KTT ASEAN.

Tak lama berselang, tiba Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos Jr., Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Lalu, Perdana Menteri Timor-Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh. Jokowi pun menyambut dengan senyuman tak lupa berjabat tangan.

Jokowi akan memimpin seluruh pertemuan pada KTT ke-42 ASEAN tersebut. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya di Hotel Meruorah pada Selasa (9/5/2023) menjelaskan ada lima pertemuan yang akan dipimpin Jokowi.

“Yaitu pertemuan KTT dalam format pleno dan kemudian ada empat pertemuan interface masing-masing dengan parlemen, dengan youth dengan ABAC (ASEAN Business Advisory Council) yaitu dengan bisnis, juga dengan high level task force,” ujar Retno.



Sementara pada tanggal 11 Mei 2023, Menlu mengatakan, akan ada tiga pertemuan dalam bentuk retreat dan pertemuan subregional. Menurut Retno, dua dari tiga pertemuan tersebut akan dipimpin oleh Presiden Jokowi, yakni Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA).

“Besoknya pada tanggal 11 Mei akan ada tiga pertemuan kembali yaitu pertemuan KTT dalam bentuk retreat dan dua pertemuan subregional yaitu IMT-GT dan BIMP-EAGA,” tambahnya.

Retno juga mengungkapkan bahwa KTT ke-42 ASEAN dihadiri oleh delapan pemimpin negara ASEAN, Sekretaris Jenderal ASEAN, dan Perdana Menteri Timor-Leste. Namun, katanya pemimpin Thailand dan Myanmar tidak dapat hadir pada KTT tersebut.

"Thailand menyatakan tidak dapat hadir karena Thailand akan pemilu, tanggal 14 Mei Thailand akan melakukan pemilihan umum oleh karena itu yang hadir bukan perdana menterinya tetapi deputi perdana menteri. Sementara dari Myanmar, sesuai dengan keputusan leaders ASEAN sebelumnya maka Myanmar yang diundang adalah dari non-political level bukan dari leader mereka," jelasnya.

"Jadi yang sudah confirm adalah delapan leaders ASEAN, plus Sekjen ASEAN, plus Perdana Menteri Timor Leste karena Timor Leste secara prinsip sudah menjadi negara anggota ASEAN," imbuh Retno.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)