Deretan Pasukan Elite TNI yang Pernah Terjun Libas KKB Papua

Jum'at, 05 Mei 2023 - 08:17 WIB
loading...
Deretan Pasukan Elite TNI yang Pernah Terjun Libas KKB Papua
Pasukan Kopassus di Mako Kopassus, Jakarta, Jumat (28/4/2023). FOTO/ANTARA/FAUZAN
A A A
JAKARTA - Sejumlah pasukan elite TNI diterjunkan untuk mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB ) Papua. Mereka adalah satuan khusus yang memiliki kemampuan tempur darat, laut, maupun udara.

KKB Papua sebelumnya lebih dikenal dengan nama Organisasi Papua Merdeka (OPM). Kelompok ini menginginkan Papua lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menjadi negara merdeka.

Aksi kekerasan yang dilakukan KKB meresahkan masyarakat, bahkan menimbulkan korban jiwa. Atas beragam aksinya, KKB Papua kemudian ditetapkan oleh pemerintah masuk dalam Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris (DTTOT).

Berikut daftar pasukan-pasukan elite TNI yang ditugaskan untuk mengejar KKB di Papua:

1. Pasukan Setan TNI AD

Deretan Pasukan Elite TNI yang Pernah Terjun Libas KKB Papua

Asops KSAD Mayjen TNI Eka Wiharsa mengecek kesiapan sekaligus memberi pengarahan kepada prajurit Yonif 315/Garuda yang berjuluk Pasukan Setan. Foto/Pendam Siliwangi

Pasukan Setan dari TNI AD yang dikenal juga dengan Yonif 315/Garuda, diterjunkan ke Papua untuk memberantas KKB. Pasukan ini terdiri dari 108 personel yang dilatih secara intensif sebelum diterjunkan ke lokasi tugas di Kabupaten Asmat dan Mappi. Pasukan Setan memiliki berbagai kemampuan dalam melaksanakan operasi militer perang, seperti teknik menembak, taktik, dan teknik pertempuran.

2. Kopasgat TNI AU

Deretan Pasukan Elite TNI yang Pernah Terjun Libas KKB Papua

Pasukan Komando Pasukan Gerak Cepat Kopasgat milik TNI AU. FOTO/IST

Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat) milik TNI AU juga turut serta dalam memburu KKB di Papua. Pasukan ini memiliki kemampuan tempur di berbagai medan, seperti udara, darat, dan air. Pasukan Kopasgat diterjunkan pada awal Januari 2023 dan juga bertugas untuk menjaga bandara sebagai salah satu lokasi aman di Papua.

3. Kopassus TNI AD

Deretan Pasukan Elite TNI yang Pernah Terjun Libas KKB Papua

Pasukan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Foto/Dok.Kopassus

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD juga terlibat dalam operasi memburu KKB di Papua. Pada Mei 2021, Kopassus terlibat kontak senjata dengan anggota KKB di wilayah Kampung Wuloni, Illaga. Dalam kejadian itu, 2 anggota KKB dinyatakan tewas. Pada tahun 2017, Kopassus juga terlibat dalam operasi merebut kampung Kimberli dari cengkeraman KKB.

4. Para Raider 431/SSP TNI AD

Deretan Pasukan Elite TNI yang Pernah Terjun Libas KKB Papua

Satuan Elite Para Raider 431/SSP yang membantu memburu KKB Lamek Taplo penembak Bharatu Bachtiar Yuniwandaru anggota Brimob dulunya merupakan bagian dari Kopassus. Foto/Pasukan PR 431/SSP/brigifpararaider3

Satuan elite lainnya milik TNI yang ditugaskan memburu KKB di Papua adalah Para Raider 431/Satria Setia Perkasa (SSP). Pasukan ini diterjunkan pada 2021 lalu untuk mengejar anggota KKB yang menembak salah satu anggota Brimob. Para Raider 431/SSP memiliki berbagai kemampuan dan pernah bertugas di Irian Jaya, Timor-Timor, serta operasi Aceh tahun 2002 sampai 2003.

Pasukan-pasukan elite TNI ini diharapkan dapat memberantas KKB dan memulihkan keamanan di Papua. Aksi kekerasan yang dilakukan oleh KKB harus segera dihentikan agar masyarakat dapat hidup dalam kedamaian dan keamanan yang sejahtera.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)