4 Partai Politik yang Resmi Dukung Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024, Siapa Selanjutnya?

Jum'at, 28 April 2023 - 15:08 WIB
loading...
4 Partai Politik yang Resmi Dukung Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024, Siapa Selanjutnya?
Dukungan partai politik (parpo) terhadap Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 mendatang terus bertambah. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dukungan partai politik (parpol) terhadap Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 mendatang terus bertambah. Terbaru, muncul Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang telah menentukan sikapnya untuk mendukung politisi PDIP tersebut.

Hal tersebut menambah deretan partai politik (parpol) di Tanah Air yang menyatakan dukungannya untuk Ganjar Pranowo.



Berikut sejumlah partai politik yang resmi mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Daftar Parpol yang Resmi Dukung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024

1. PDIP

Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan bakal calon presiden (capres) dari partainya. Pada pengumuman resmi beberapa waktu lalu, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipilih sebagai calonnya.

"Maka pada jam 13.45 WIB, dengan mengucapkan Bismillah menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan," ucap Megawati saat mendeklarasikan Ganjar sebagai Capres 2024.

Sebelumnya, Ganjar memang menjadi salah satu nama yang masuk bursa bakal calon presiden dari PDIP. Selain statusnya sebagai kader, Gubernur Jawa Tengah ini juga memiliki popularitas yang cukup besar di kalangan masyarakat.

2. Hanura

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menjadi parpol lain yang turut mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres tahun 2024 mendatang. Keputusan ini disampaikan pasca pengumuman resmi Ketum PDIP terkait penetapan Ganjar sebagai capres.

Dalam hal ini, Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) menilai bahwa penunjukan Ganjar oleh PDIP tentu sudah dipertimbangkan secara matang. Sehingga mereka mendukung keputusan Megawati yang menunjuk Gubernur Jawa Tengah tersebut sebagai calon presiden 2024.


3. PSI

Sebelum pengumuman resmi dari PDIP, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ternyata lebih dulu menyatakan dukungannya untuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024.

Dukungan tersebut diumumkan pada November 2022 lalu. Saat itu, PSI mengklaim bahwa keputusan tersebut didasarkan atas hasil forum Rembuk Rakyat yang sebelumnya diselenggarakan.

4. PPP

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi parpol teranyar yang mendukung Ganjar Pranowo. Deklarasi dukungan disampaikan langsung oleh Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono pada Rabu (26/4/2023) kemarin.

”Dengan mengucap bismiillah, Partai Persatuan Pembangunan memutuskan Bapak Haji Ganjar Pranowo SH sebagai calon presiden republik Indonesia pada pemilihan presiden tahun 2024 mendatang,” ucap Mardiono saat mengumumkan dukungan partainya.

Itulah sejumlah partai politik yang telah menyatakan dukungannya untuk Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Lantas, siapakah selanjutnya?
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5372 seconds (0.1#10.140)