Profil Thomas Djamaluddin, Profesor BRIN yang sebut Muhammadiyah Tidak taat Pemerintah

Kamis, 27 April 2023 - 17:20 WIB
loading...
Profil Thomas Djamaluddin, Profesor BRIN yang sebut Muhammadiyah Tidak taat Pemerintah
Lulus dari Kyoto University, karier Thomas Djamaluddin mulai menanjak. Foto/facebook Thomas Djamaluddin
A A A
JAKARTA - Thomas Djamaluddin sedang menjadi buah bibir banyak oran. Pernyataannya bahwa Muhammadiyah tidak taat pemerintah terkait perbedaan Idulfitri menuai banjir kritik.

Dalam komentarnya melalui akun Facebook, Thomas mengungkapkan bagaimana ormas Islam ini tidak bersedia mengikuti keputusan pemerintah dan malah meminta difasilitasi untuk melaksanakan salat Idulfitri.

Berkat komentarnya itu, Thomas langsung dirundung kritik dari berbagai pihak yang menyayangkan seorang Profesor tidak memiliki rasa toleransi antar sesama agama.

Kasus ini juga membuat nama Thomas Djamaluddin naik ke permukaan dan mulai banyak orang yang penasaran akan sosoknya.


Profil Thomas Djamaluddin

Thomas Djamaluddin lahir pada 23 Januari 1962 di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Meski begitu, dia justru menghabiskan masa sekolah SMP dan SMA di Cirebon, Jawa Barat.

Usai lulus SMA, Thomas melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung, mengambil jurusan Astronomi, hingga lulus pada 1986.

Setelah itu, Thomas sempat bekerja di LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) Bandung menjadi peneliti antariksa.

Seetelah itu, Thomas mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri, tepatnya di Kyoto University pada 1988. Usai mendapat gelar S2 Astronomi di tahun 1991, dia kembali melanjutkan pendidikan di universitas yang sama untuk mendapat gelar doktornya pada 1994.

Semasa studi di Jepang Thomas Djamaluddin pernah mengembangkan aplikasi falak dalam bidang hisab rukyat. Atas permintaan teman-teman mahasiswa muslim di Jepang dibuatlah program jadwal sholat, arah kiblat, dan konversi kalender.

Lulus dari Kyoto University, karier Thomas Djamaluddin mulai menanjak. Dia sempat ditunjuk sebagai Kepala Unit Komputer Induk (Eselon IV) di LAPAN tahun 1999.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)