Koalisi Indonesia Bersatu Bahas Capres 2024 Kamis Pekan Ini

Senin, 24 April 2023 - 11:40 WIB
loading...
Koalisi Indonesia Bersatu Bahas Capres 2024 Kamis Pekan Ini
Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi (kiri) mengungkap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan bertemu Kamis pekan ini bahas Capres 2024. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tiga parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan bertemu dalam Silaturahmi Lebaran pada Kamis, 27 April 2023 di Jakarta. Salah satu agendanya terkait Pilpres 2024 .

"Insyaallah, PAN, Golkar, PPP (KIB) akan bertemu dalam Silaturahmi Lebaran pada hari Kamis, 27 April 2023 di Jakarta," ujar Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi kepada SINDOnews, Senin (24/4/2023).

Yoga mengatakan, ada tiga agenda dalam pertemuan antara Golkar, PAN, dan PPP tersebut. Pertama, makan ketupat Lebaran dan melebur kesalahan kekhilafan agar hidup kembali suci bersih. "Kedua, mematangkan dalam proses pengambilan keputusan menetapkan pasangan calon yang akan diusung di Pemilu Presiden 2024," kata Yoga.



Agenda ketiga, kata Yoga, menindaklanjuti rencana pembentukan Koalisi Besar atau Koalisi Kebangsaan bersama KKIR yang beranggotakan Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). "Agar dapat menambah basis sosial dan konstituen agar paslon yang akan diusung memiliki potensi besar untuk memenangi pilpres. Untuk selanjutnya, akan diinfokan lebih detail dalam pertemuan nanti," ujarnya.

Diketahui, lima parpol pendukung pemerintah yakni Golkar, Gerindra, PKB, PAN, dan PPP pada Ramadan lalu bertemu di Rumah PAN. Rencana pembentukan Koalisi Besar atau Koalisi Kebangsaan mengemuka seusai pertemuan yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.



Di sisi lain, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang tak hadir dalam pertemuan tersebut, telah memutuskan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Namun, PDIP yang bisa mengusung sendiri pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024, hingga kini belum memutuskan pendamping Ganjar.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)