Head to Head Anies Vs Ganjar, Siapa Lebih Kuat?

Jum'at, 21 April 2023 - 15:44 WIB
loading...
A A A
Berkaca dari sejumlah survei di atas kekuatan antara Anies dan Ganjar tidak terlampau jauh. Sehingga masih memungkinkan untuk adanya perubahan.

2. Kekuatan Parpol



Sementara jika dianalisa dari parpol, Anies diusung oleh tiga parpol. Nasdem 10,2 persen atau 59 kursi DPR, Demokrat 9,4 persen setara dengan 54 kursi, dan PKS 8,7 persen atau 50 kursi. Sehingga, total dari gabungan ketiga parpol itu sebanyak 163 kursi atau 28,3 persen.

Sedangkan PDIP dengan perolehan suara 19,33 persen suara di Pileg 2019. Angka itu dikonversikan menjadi 128 kursi DPR. Dengan perolehan ini, PDIP memenuhi ambang batas pencalonan presiden yang memiliki sedikitnya 20 persen kursi dari jumlah total kursi di DPR.

Jika melihat dari sisi parpol, koalisi Anies dinilai lebih memiliki keunggulan karena karakteristik tiga parpol, yakni Nasdem, Demokrat, dan PKS, masing-masing memiliki kekhasannya tersendiri. Ketiganya punya mesin parpol yang cukup bisa diperhitungkan.

Sedangkan PDIP hanya berkutat pada satu partai saja, tapi PDIP dianggap memiliki jaringan bawah yang cukup militan. Namun dalam perjalanannya nanti, apakah PDIP akan membuka keran koalisi atau hanya pemain tunggal di Pilpres 2024. Hal ini masih menjadi pertanyaan sebelum pendaftaran resmi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain itu keberadaan calon wakil presiden (Cawapres) 2024, bisa jadi penentu naiknya elektabilitas Anies dan Ganjar. Ada sejumlah nama yang mencuat dan cukup memiliki elektabilitas mumpuni.

Di antara nama-nama para cawapres tersebut, ada Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, politikus Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, dan lainnya.

Menarik untuk disimak, head to head antara Anies dan Ganjar ini. Siapa yang akan lebih kuat dan masuk final di perhelatan Pilpres 2024 nanti. Kita tunggu saja, tanggal-tanggal penetapannya. Semoga Pilpres 2024 ini akan membawa perubahan dan tetap bersatu meski berbeda pilihan.
(maf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)