Presiden Jokowi-PM Ceko Bahas Investasi, Pertahanan hingga Indo Pasifik

Selasa, 18 April 2023 - 20:12 WIB
loading...
Presiden Jokowi-PM Ceko Bahas Investasi, Pertahanan hingga Indo Pasifik
Presiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala di Istana Bogor. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menerima kunjungan Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala di Istana Bogor. Dalam pertemuan tersebut kedua pimpinan negara tersebut membahas sejumlah hal penting mulai dari perdagangan, investasi hingga pertahanan.

Jokowi mengatakan, kunjungan PM Fiala dengan beberapa pengusaha negara Ceko menunjukkan komitmen kerja sama dengan Indonesia. "Kunjungan Perdana Menteri Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia. Para pengusaha ceko juga hadir dalam kujungan ini merefleksikan komitmen untuk membangun dan menguatkan kerja sama," kata Jokowi yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/4/2023).

Dalam pertemuan tersebut, kata Jokowi, kedua belah pihak membahas perdagangan, investasi hingga pertahanan dengan PM Fiala. "Tadi kami sudah berbicara tentang kerja sama perdagangan, kerja sama investasi, kerja sama pertahanan dan industri strategis serta tentang ASEAN dan Indo-Pasifik," kata Jokowi.



Jokowi juga membahas mengenai regulasi Indonesia dan Uni Eropa (EU) dan penyelesaian negosiasi Indonesia—European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I—EU CEPA).



"Saya juga menyampaikan terkait beberapa regulasi EU yang diskriminatif dan pentingnya mendorong penyelesaian negosiasi indonesia- EU CEPA," kata Jokowi.

Jokowi juga bersepakat kerja sama mengenai Industri strategis dan transfer teknologi. "Kami juga sepakat menjajaki kerja sama join production antara industri strategis, transfer teknologi dan capasity building," kata Jokowi.

Nampak delegasi Indonesia yang hadir yaitu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2473 seconds (0.1#10.140)