4 Jenderal TNI yang Menjadi Perisai Hidup Jokowi dari Korps Baret Merah

Selasa, 18 April 2023 - 11:54 WIB
loading...
4 Jenderal TNI yang Menjadi Perisai Hidup Jokowi dari Korps Baret Merah
Sedikitnya ada empat jenderal TNI yang pernah menjadi perisai hidup Presiden Joko Widodo. Salah satunya Letjen TNI (Purn) Doni Monardo.Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat jenderal TNI yang pernah menjadi perisai hidup Presiden Joko Widodo . Keempat jenderal tersebut berkedudukan sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) .

Danpaspampres mekorpsrupakan pemimpin dari pasukan yang bertugas melaksanakan pengamanan fisik langsung dari jarak dekat untuk presiden dan wakil presiden.

Komandan Paspampres terdiri dari para jenderal dari berbagai cabang kesatuan khusus dan elit TNI. Dari sekian banyaknya jenderal TNI yang menjabat sebagai Danpaspampres, beberapa di antaranya merupakan berasal dari Korps Baret Merah atau Kopassus.


Berikut empat Jenderal TNI yang menjadi Danpaspampres yang berasal dari Korps Baret Merah:

1. Doni Monardo

Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo merupakan perwira tinggi TNI yang pernah menjabat sebagai Danpaspampres pertama di era Presiden Jokowi. Kala itu dirinya menggantikan pendahulunya yakni Letjen (Purn.) Agus Sutomo.

Dalam riwayatnya pria kelahiran 10 Mei 1963 ini merupakan lulusan Akademi Militer pada tahun 1955 yang berpengalaman dalam bidang infanteri.

Selama berkarier di militer jabatan yang pernah diduduki oleh jenderal bintang tiga ini di antaranya seperti Danpaspampres, Danjen Kopassus, Pangdam XVI/Pattimura, dan Pangdam III/Siliwangi.

2. Andika Perkasa

Usai Doni Monardo, nama Jenderal Andika Perkasa pun diusung untuk menduduki kursi Danpaspampres. Jabatan ini diraih sebelum dirinya ditempatkan sebagai Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura.

Andika Perkasa merupakan jenderal TNI kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 21 Desember 1964. Dirinya merupakan tamatan dari Akademi militer tahun 1987.

Selain menduduki jabatan tinggi sebagai panglima TNI, jenderal yang satu ini juga telah memperoleh brevet penghargaan seperti Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad, Brevet Free Fall dan Brevet Para Utama.


3. Maruli Simanjuntak

Selanjutnya ada Letjen. TNI Maruli Simanjuntak yang saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Saat menjadi Danpaspampres, dirinya menggantikan pendahulunya yakni Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Maruli merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1992 yang berpengalaman dalam infanteri (Kopassus). Jabatan terakhir dari jenderal yang satu ini adalah sebagai Pangdam IX/Udayana.

Seperti halnya jenderal Andika Perkasa, sejumlah brevet pun pernah diraihnya. Di antaranya seperti Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad dan Brevet Para Utama.

4. Agus Subiyanto

Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto merupakan seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak 31 Januari 2022 mengemban amanat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Dalam riwayatnya pria kelahiran Pangandaran, 5 Agustus 1967 ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1991 yang berpengalaman di bidang infanteri (Kopassus).

Sepanjang karier militernya, jenderal bintang tiga ini pernah menduduki beberapa posisi penting seperti Danrem 061/Suryakancana, Danpaspampres, Pangdam III/Siliwangi dan Wakasad (2022—sekarang).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)