Soal Keterlibatan Artis dalam Kasus Rafael Alun, Ini Saran Rampai Nusantara

Sabtu, 15 April 2023 - 21:04 WIB
loading...
Soal Keterlibatan Artis dalam Kasus Rafael Alun, Ini Saran Rampai Nusantara
Kasus dugaan korupsi Rafael Alun Trisambodo yang diduga berhubungan dengan artis berinisial R cukup menarik perhatian publik. Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Kasus dugaan korupsi Rafael Alun Trisambodo yang diduga berhubungan dengan artis berinisial R cukup menarik perhatian publik. Isu tersebut sempat disampaikan oleh Indonesia Audit Watch (IAW).

Ketua Umum Rampai Nusantara Mardiansyah turut menanggapi hal tersebut. Pasalnya, menurut dia, hal itu cukup membuat gaduh di tengah masyarakat bahkan menimbulkan berbagai spekulasi terkait artis yang dimaksud terlibat kasus Rafael Alun.

"Apa yang disampaikan oleh teman-teman IAW boleh saja, apalagi berbasis data. Namun menjadi kurang bijak ketika mengeluarkan informasi keterlibatan artis dengan inisial R tanpa kejelasan siapa yang dimaksud," ujar pria yang bisa disapa Semar di Jakarta, Sabtu (15/4/2023).


Ketika informasi ini disampaikan, kata dia, publik mulai menduga-duga bahkan tidak sedikit masyarakat yang langsung menuding artis tersebut antara lain terbentuk opini keterlibatan Raffi Ahmad, hal ini bukan soal benar atau salahnya. Tetapi, kata dia, hal ini sudah lebih dulu membangun persepsi publik yang dapat merugikan Raffi tanpa pembuktian terlebih dahulu.

"Ini kan dapat membangun stigma negatif pada Raffi, kalau benar dia terlibat, tapi kalau ternyata bukan Raffi inisial R yang dimaksud kan kasian juga ya. Jangan sampai karena punya kepentingan untuk menarik perhatian publik pada kasus ini tapi justru dapat merugikan orang yang tidak bersalah,” tegas Semar.

Maka itu, dia mengimbau agar lebih bijak lagi dalam menyampaikan hal-hal yang sangat sensitif pada publik. Karena dapat membuat kegaduhan di tengah masyarakat dengan berbagai spekulasinya dan juga berpotensi merugikan nama baik orang yang belum tentu bersalah.

"Semoga ke depan jauh lebih bijak dengan tidak dengan mudahnya menyampaikan sesuatu yang dapat memancing respons masyarakat untuk beropini dengan dugaan-dugaan yang belum pasti kebenarannya, kalau sudah terlanjur tercemar nama baiknya kan tidak mudah juga memperbaikinya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, isu adanya dugaan keterlibatan 25 artis di kasus Rafael Alun pertama kali diembuskan Indonesian Audit Watch (IAW). IAW menyebut ada sekira 25 artis yang diduga terlibat dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Rafael Alun Trisambodo.

Sekretaris Pendiri Indonesia Audit Watch (IAW) Iskandar Sitorus mengatakan dari 25 daftar artis tersebut diduga ada tiga band besar yang juga turut terlibat. Namun, ia enggan membeberkan secara rinci 25 artis yang diduga terlibat pencucian uang Rafael Alun.



"Kalau bicara yang terkonsolidasi, terakses atau terkorelasi itu langsung maupun tidak langsung minimal 25 (artis). Malah nanti kalau terkait band itu ada tiga band besar juga," kata Iskandar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)