Mahfud MD Sebut Budaya Berhukum Rusak, Anwar Abbas: Hukum Tak Berfungsi Baik

Sabtu, 15 April 2023 - 11:11 WIB
loading...
Mahfud MD Sebut Budaya Berhukum Rusak, Anwar Abbas: Hukum Tak Berfungsi Baik
Anwar Abbas menilai hukum tak berfungsi dengan baik sehigga masyarakat mengeluhkan susahnya mencari keadilan. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan budaya berhukum di Indonesia sudah mulai rusak. Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan pernyataan Mahfud tersebut tidak bisa dibantah karena sesuai dengan praktik dan fakta di lapangan.

Lebih jauh Anwar mengungkapkan alasan kenapa budaya berhukum rusak. Menurut dia, hukum sebagai alat untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan dalam kehidupan masyarakat kini tak lagi berfungsi dengan baik. Banyak orang yang berputus asa bila ingin mencari dan mendapatkan keadilan.

"Banyak sekarang ini aparatur hukum yang bertugas menerapkan dan menegakkan hukum sudah tidak lagi menjadikan hukum sebagai sarana bagi menegakkan keadilan. Tapi mereka sudah mempergunakannya sebagai komoditi untuk mendapatkan profit bagi memperkaya dirinya dan mitra-mitranya," kata Anwar dalam keterangannya, Sabtu (15/4/2023).



Hal ini, menurutnya jelas sangat memprihatinkan bagi warga bangsa karena jika mafia-mafia hukum dan peradilan ini terus dibiarkan, maka kepercayaan masyarakat kepada hukum dan dunia peradilan di Indonesia akan tergerus.

"Sehingga tidak mustahil warga masyarakat akan menempuh caranya sendiri untuk mendapatkan hak-haknya. Bila itu yang terjadi maka tentu masa depan negeri ini akan bermasalah dan itu tentu jelas tidak kita inginkan,"ujarnya.

Oleh karena itu, dia menilai imbauan Mahfud agar elemen-elemen masyarakat secara bersama- sama ikut membangun budaya hukum yang baik dan benar sangat tepat. "Agar hukum bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan tujuannya yaitu membantu negara untuk mendatangkan kemakmuran dan kebahagiaan bagi rakyatnya," tutur dia.



Pernyataan Mahfud soal rusaknya budaya berhukum disampaikan dalam pelantikan pengurus Keluarga Alumni Hukum Universitas Gadjah Mada (Kahgama) periode 2023-2028. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu berharap Kahgama dapat turut serta membangun budaya hukum yang benar di Indonesia. Salah satunya, dengan penegakan hukum yang adil.

"Saya harapkan Kahgama membangun budaya berhukum dengan benar. Karena budaya berhukum kita itu sudah mulai rusak di sana-sini,” ujar Mahfud di Jakarta Jumat (14/4/2023).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)