Perjalanan Karier Politik Ganjar Pranowo, dari Anggota DPR sampai Gubernur Jawa Tengah

Sabtu, 15 April 2023 - 08:13 WIB
loading...
Perjalanan Karier Politik Ganjar Pranowo, dari Anggota DPR sampai Gubernur Jawa Tengah
Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah yang belakangan ini mendapat elektabilitas tertinggi sebagai capres 2024 . Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah yang belakangan ini mendapat elektabilitas tertinggi sebagai capres 2024 berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Posisinya mengalahkan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Elektabilitas tinggi yang didapat Ganjar ini tak lepas dari peran kepemimpinannya di Jawa Tengah. Dia dianggap merakyat dan adaptif dengan perkembangan teknologi.

Sebelum menduduki posisi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar terlebih dahulu menjalani karier politiknya di Senayan, sebagai anggota DPR RI dan pernah juga duduk di kursi MPR.


Karier Politik Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo memulai karier politiknya dengan menjadi simpatisan PDI, hingga pada zaman orde baru dirinya mulai bergabung dengan PDIP di bawah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri.

Menjadi kader PDIP, Ganjar telah banyak mencicipi berbagai peran di dunia politik Indonesia. Berikut perjalanan kariernya yang dilansir dari laman resmi Provinsi Jawa Tengah.

1. Anggota Komisi IV DPR RI

Pada Pemilu 2004, Ganjar yang disokong PDIP berhasil untuk merebut kursi DPR. Dia ditugaskan sebagai Anggota Komisi IV DPR RI Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan, hingga tahun 2009.

2. Ketua Pansus Ruu tentang Partai Politik di DPR RI

Jabatan Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-undang terkait Partai Politik di DPR sempat dijabat Ganjar ketika masih bertugas sebagai Anggota Komisi IV DPR, tepatnya pada tahun 2007 sampai 2009.

3. Ketua Pansus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI

Pada tahun yang sama 2007-2009, kader PDIP ini juga menjabat sebagai Ketua Panitia Khusus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI.

4. Wakil Ketua Komisi II DPR RI

Pada pemilu berikutnya, Ganjar kembali mendapatkan jabatannya di DPR RI, kini menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI Bidang Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan dan Reforma Agraria, periode 2009-2013.


5. Anggota Pansus Angket Bank Century di DPR RI

Ketika menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Ganjar sempat ditugaskan untuk menjadi anggota Panitia Khusus Hak Angket Bank Century di tahun 2009 sampai 2010.

6. Anggota Timwas Century di DPR RI

Setelah itu, pria asal Karanganyar ini lalu terpilih sebagai anggota tim pengawas rekomendasi DPR atas kasus Century dari PDI Perjuangan yang terdiri dari tiga mantan anggota Pansus Century di tahun 2010 sampai 2013.

7. Anggota Badan Legislasi DPR RI

Mundur ke tahun 2004, Ganjar yang menjadi Anggota Komisi IV DPR dipercaya untuk jadi Anggota Badan Legislasi sampai tahun 2010.

8. Sekretaris Fraksi PDIP MPR RI

Selain menduduki kursi DPR, Ganjar juga sempat tergabung di MPR untuk menjadi Sekretaris I Fraksi PDIP periode 2007-2009.

9. Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI

Tepat sebelum menjadi Gubernur Jateng, pria yang lahir pada 28 Oktober 1968 sempat mengemban tugas Wakil Sekretaris Fraksi PDIP di DPR RI.

10. Gubernur Jawa Tengah

Ganjar mulai mencalonkan diri sebagai Gubernur Jateng pada Pemilu 2013, berpasangan dengan Heru Sudjatmoko. Mereka keluar sebagai pemenang usai menang suara dari Bibit Waluyo dan Hadi Prabowo.

Pria berambut putih ini kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Jateng untuk periode 2018-2023. Kala itu Ganjar yang menggandeng Taj Yasin Maimoen mampu memenangkan Pemilu dari pesaingnya Sudirman Said.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)