Projo Beri Sinyal Dukung Airlangga, Pengamat: Bisa Jadi Kode Jokowi

Rabu, 12 April 2023 - 17:06 WIB
loading...
Projo Beri Sinyal Dukung Airlangga, Pengamat: Bisa Jadi Kode Jokowi
Dukungan kelompok relawan Projo kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dinilai bisa sebagai sinyal politik dari Presiden Jokowi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dukungan kelompok relawan Pro Jokowi (Projo) kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto , dinilai sebagai sinyal politik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pandangan ini disampaikan oleh pengamat politik Ali Rif’an.

Ali menyebutkan, selama ini Airlangga menjadi nama yang sering di-endorse Jokowi selain Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Selain Ganjar, kemudian Prabowo sebenarnya yang sering di-endorse atau gestur Jokowi itu ke arah Airlangga. Jadi dukungan Projo ke Airlangga satu kode politik (Jokowi)," kata Ali, Rabu (12/4/2023).



Selain itu, Ali juga menilai, dukungan Projo ke Airlangga dilatarbelakangi oleh loyalitas Airlangga ke Presiden Jokowi. Airlangga juga dianggap sukses menjalankan setiap perintah dan tugas yang diberikan Jokowi.

"Airlangga dinilai sukses membawa ekonomi Indonesia stabil, bahkan di posisi yang saat ini cukup genting di mana negara-negara dunia jadi pasien IMF dan Indonesia mampu melewati pandemi itu juga karena ada andil besar Menko Perekonomian," jelasnya.

"Salah satu target lima tahun mendatang, Indonesia memang di sektor ekonomi dalam hal ini pembangunan. Airlangga dinilai Presiden Jokowi punya performa di situ," ujarnya.

Golkar Punya Daya Tawar

Direktur Arus Survei Indonesia ini menambahkan, kuatnya daya tawar politik Partai Golkar disebut juga menjadi alasan dukungan Projo ke Airlangga.

"Sokongan Partai Golkar dengan perolehan kursi nomor dua setelah PDIP jadi ada harapan. Jadi itu menurut saya mengapa Projo memberi dukungan kepada Airlangga Hartarto," jelasnya.

Ali berpendapat, dukungan politik dari kelompok relawan seperti Projo ini masih relevan dan penting dimiliki oleh seorang bakal capres. Menurutnya, kelompok relawan bisa menambah kekuatan elektoral di masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)