Wapres Pastikan Pemerintah Telah Antisipasi Potensi Macet saat Mudik Lebaran 2023

Selasa, 11 April 2023 - 17:05 WIB
loading...
Wapres Pastikan Pemerintah Telah Antisipasi Potensi Macet saat Mudik Lebaran 2023
Wapres Ma’ruf Amin memastikan pemerintah melalui kementerian dan lembaga telah mengantisipasi potensi kemacetan saat puncak mudik Lebaran 2023 mendatang. Foto/MPI
A A A
BANJARBARU - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memastikan pemerintah melalui kementerian dan lembaga telah mengantisipasi potensi kemacetan saat puncak mudik Lebaran 2023 mendatang. Mengingat, diprediksi akan ada 123 juta orang yang akan melaksanakan mudik.

Dimana dari data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) potensi pilihan moda transportasi terbanyak yang digunakan adalah mobil pribadi yakni 22,07% dan sepeda motor 20,30%.





Bahkan, kata Wapres, rest area atau tempat istirahat di ruas-ruas jalan tol juga telah dilakukan antisipasi tidak boleh terlalu lama untuk berhenti. Hal ini mencegah terjadinya penumpukan.

“Dan kemungkinan terjadinya kemacetan di rest area juga sudah diantisipasi sehingga tidak boleh lama orang di rest area itu supaya nanti bergantian yang belakang,” ujar Wapres di sela kunjungan kerjanya di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (11/4/2023).

Wapres pun memastikan infrastruktur berupa jalan-jalan siap menghadapi puncak mudik Lebaran. “Soal mudik, ya pemerintah sudah antisipasi dari jauh-jauh hari tentang masalah infrastruktur sudah dibenahi semua,” katanya.

“Kemudian jalan-jalan yang sudah siap, tidak usah menunggu upacara peresmian, buka saja semua untuk mudik,” sambung Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menambahkan pemerintah juga akan melakukan pemantauan lewat udara untuk pemantauan mudik. “Dan kemudian juga ada pemantauan lebih masif melalui udara.”



“Sistem informasi dari udara sehingga bisa dilihat di mana ada terjadi kemacetan supaya bisa dilakukan upaya-upaya mengurai sehingga kemacetan tidak ada. Itu sudah disiapkan antisipasinya dan memang petugasnya sudah dan sistem di daerah sudah dilakukan,” pungkasnya.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)