Bhayangkari Kepulauan Seribu-MNC Peduli Bantu Taman Baca dan Tanam Mangrove

Senin, 20 Juli 2020 - 14:31 WIB
loading...
Bhayangkari Kepulauan Seribu-MNC Peduli Bantu Taman Baca dan Tanam Mangrove
Bhayangkari Polisi Resort Kepulauan Seribu bersama MNC Peduli memberikan sejumlah bantuan kepada taman bacaan di Pulau Harapan dan Pulau Untung Jawa. Foto/MNC Peduli
A A A
JAKARTA - Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-68 dan Hari Anak Nasional tahun 2020, Bhayangkari Polisi Resort Kepulauan Seribu bersama MNC Peduli mengadakan kegiatan pemberian sumbangan buku, matras alfabet, serta meja lipat untuk taman bacaan di Pulau Harapan dan Pulau Untung Jawa.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilakukan penanaman mangrove di Pulau Untung Jawa sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Menurut data dari UNESCO, disebutkan Indonesia mendapatkan urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Data yang disebutkan mengenai minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, yaitu hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Dengan adanya bantuan buku bacaan diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak-anak di Pulau Harapan dan Pulau Untung Jawa. Dengan meningkatnya minat baca pada anak maka diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari para penerus bangsa.

Bantuan buku bacaan matras dan meja lipat diserahkan langsung oleh Ketua Bhayangkari Kepulauan Seribu beserta jajaran didampingi oleh MNC Peduli.( )

Ditemui di lokasi, Ketua Bhayangkari Kepulauan Seribu, Winda Morry Ermond menyampaikan dengan adanya taman bacaan anak-anak lebih gemar membaca dibanding sebelumnya.

“Alhamdulillah sejak ada taman bacaan ini kan di sini posisinya di lingkungan masyarakat mereka lewat sini bisa mampir, dengan membaca jadi mensuprort dan mendorong anak-anak dengan melihat taman bacaan ini mereka minat untuk mampir dan membaca soalnya bukunya didalam lumayan juga untuk menambah ilmu dan pengetahuan mereka, walaupun mereka gak keluar karena ada pandemi ini mereka bisa dapat ilmu dan wawawasan dengan membaca buku yang kami sediakan”

Secara terpisah, Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengungkapkan harapannya pada Hari Anak Nasional ini kepada anak-anak Indonesia agar bisa saling mendukung satu sama lain ditengah pandemi.

“Ini kita bisa saling membantu saling support saling meningkatkan antusiasme supaya jangan ada yang jenuh,” katanya.

Setelah kegiatan penyerahan buku bacaan, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman mangrove di Pulau Untung Jawa. Adapun bibit mangrove merupakan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Propinsi DKI Jakarta.

Penanaman mangrove di pesisir pantai diyakini memliki beberapa manfaat yakni mencegah intrusi air laut, mencegah abrasi pantai, sebagai pencegah dan penyaring alami, sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa, berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)