Kebersamaan Jokowi dan Ganjar di Solo, Pengamat: Tepis Isu Kerenggangan

Sabtu, 08 April 2023 - 21:58 WIB
loading...
Kebersamaan Jokowi dan Ganjar di Solo, Pengamat: Tepis Isu Kerenggangan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Jokowi salat Jumat di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jumat (7/4/2003). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SOLO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) salat Jumat di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo. Kebersamaan itu menepis isu kerenggangan antara keduanya terkait gagalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Meski tak ada drama satu mobil yang kerap ditunjukkan Jokowi dan Ganjar, tapi pertemuan mereka di Solo, shalat bersama, dan lainnya, jadi sinyal bahwa hubungan keduanya mulai membaik kembali," kata Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno saat dihubungi, Sabtu (8/4/2023).

Menurut Adi, kebersamaan itu menunjukkan Jokowi dan Ganjar masih tetap satu pandangan. Hal itu, lanjut Adi, akan diikuti oleh para pendukung Jokowi. "Jokowi dan Ganjar satu frekuensi, yang pastinya diikuti oleh semua pendukung Jokowi," tuturnya.

Ganjar sendiri merupakan salah satu figur yang menurut beberapa lembaga survei mendapatkan elektabilitas tertinggi sebagai capres 2024 . Beberapa kali pertemuan, ada sinyal Jokowi mendukung Ganjar.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo menemani Jokowi Salat Jumat di Masjid Sheikh Zayed Solo, Jumat (7/4/2024).
Selain Ganjar, Jokowi juga ditemani Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan putranya Jan Ethes.

Ganjar tak membeberkan secara spesifik isi pembicaraan dengan Jokowi. Meskipun dirinya sempat terlibat perbincangan dengan Jokowi usai salat Jumat. "Tadi ngobrol sama beliau (Jokowi) terkait Salat Jumat di Masjid Zayed," kata Ganjar usai pertemuan itu.

Ganjar menambahkan, kebersamaan Presiden Jokowi dengan Jan Ethes merupakan ajang kangen-kangenan setelah mengemban tugas kenegaraan selama ini. "Jadi mau jalan-jalan. Malah, saya diminta untuk jalan duluan saja," ujarnya.

Saat ditanya apakah ada perbincangan khusus dengan Jokowi, Ganjar bilang hanya membicarakan soal aktivitas jelang Lebaran. "Saya diminta Pak Presiden, jelang Lebaran untuk mengecek pariwisata dan jalan-jalan," ujar lanjutnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)