Wapres: Moderasi dan Toleransi Beragama Kunci Terciptanya Kerukunan

Sabtu, 08 April 2023 - 08:25 WIB
loading...
Wapres: Moderasi dan Toleransi Beragama Kunci Terciptanya Kerukunan
Wapres Ma’ruf Amin mengatakan bahwa bulan Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat suasana kekeluargaan dan persatuan di tengah keberagaman bangsa Indonesia yang majemuk. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan bahwa bulan Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat suasana kekeluargaan dan persatuan di tengah keberagaman bangsa Indonesia yang majemuk. Tidak sedikit ancaman perpecahan menjadi pemicu yang berpotensi memperkeruh kesatuan dan keutuhan bangsa.

Untuk itu, Wapres menekankan pentingnya moderasi beragama dan toleransi sebagai kunci dalam merawat kerukunan, khususnya dalam memperkokoh persaudaraan antarsesama.



“Moderasi dan toleransi beragama menjadi kunci terciptanya kerukunan,” ujar Wapres dalam sambutannya yang disampaikan melalui konferensi video pada acara Peringatan Nuzulul Qur’an, Sabtu (8/4/2023).

Menurut Wapres, dalam menjaga persatuan diperlukan pengelolaan moderasi beragama sebagai fondasi yang penting dalam membangun konsensus kesatuan bangsa.

“Manajemen moderasi beragama merupakan instrumen penting dalam mencegah konflik, membangun konsensus, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas Wapres.

“Kerukunan umat adalah fondasi bagi persatuan dan kedamaian bangsa kita,” imbuhnya.

Lebih jauh, Wapres menambahkan seluruh upaya pemerintah bersama para pemangku kepentingan dan juga masyarakat dalam memajukan Indonesia dapat terwujud melalui adanya kerukunan dan kolaborasi yang terencana dengan baik.

“Seluruh program, rencana dan kerja kebaikan demi mewujudkan visi Indonesia Maju hanya dapat dieksekusi jika bangsa kita rukun dan bersatu,” tutur Wapres.

Pada acara dengan tema Momentum Merawat Kerukunan Umat ini, Wapres menaruh harapan kepada masyarakat agar dapat terus meningkatkan kontribusi dalam menebar kedamaian antarsesama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0123 seconds (0.1#10.140)