Denny JA Bicara Robot AI Menjadi Penceramah dan Hilangnya Fungsi Agama

Jum'at, 07 April 2023 - 21:22 WIB
loading...
A A A
Menurut Denny JA, agama harus dihidupkan kembali sebagai kekuatan akhlak dan sebagai agama akhlak, namun agama akhlak dengan mindset Abad 21. Hal itu berbeda dengan agama akhlak pada masa ketika umumnya agama dilahirkan di era awal Masehi.

Dia menjelaskan, abad 21 memiliki mindset yang sudah berubah dengan dua hal yang dominan. Pertama, datangnya era ilmu pengetahuan, ketika ruang publik kini lebih diwarnai oleh arahan temuan ilmiah. Penganut agama di era ini harus mengikhlaskan ilmu pengetahuan yang berperan di ruang publik untuk kebijakan publik.

Kedua, datangnya negara nasional yang membuat konsep umat berubah menjadi konsep warga negara. Dalam konsep umat, identitas masyarakat adalah satu agama. Jika ada umat agama lain, posisinya tersubordinasi. Namun, dalam konsep warga negara, semua diperlakukan sama dan sejajar apa pun agamanya. Penganut agama pun harus mengikhlaskan kesetaraan sosial bagi aneka agama.

"Di abad 21, ruang publik lebih dikuasai oleh ilmu pengetahuan dan hukum negara nasional. Tapi, kebersihan dan kesucian akhlak tak bisa sepenuhnya dibangkitkan oleh kelimpahan ekonomi dan teknologi tinggi. Di sinilah lokasi agama. Agama akhlak membentuk individu untuk hidup yang teguh dengan prinsip kebajikan, keadilan, dan keberanian melawan kemungkaran. Dari perjuangan akhlak itu pula tercipta meaning of life," katanya.

Denny JA juga menyebut Ramadan, bagi umat muslim, menjadi momen yang panjang yang dapat menghidupkan kembali driving force agama di dalam diri untuk menjadi kekuatan akhlak.

"Tindakan beragama perlu kita tafsirkan sebagai kegiatan yang fokus membersihkan akhlak. Itu perbuatan yang terus menerus membersihkan diri, menyucikan pikiran. Ini agar hati kita semakin diisi oleh prinsip compassion, prinsip kebajikan, prinsip berbagi dan prinsip keadilan," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7422 seconds (0.1#10.140)