Kisah Menarik Syaukat Banjaransari, Jenderal TNI yang Sering Dorong Sepeda Soeharto saat Kecil

Jum'at, 07 April 2023 - 17:09 WIB
loading...
Kisah Menarik Syaukat Banjaransari, Jenderal TNI yang Sering Dorong Sepeda Soeharto saat Kecil
Sosok Syaukat Banjaransai mungkin terdengar asing bagi sebagian masyarakat umum di Tanah Air. FOTO/REPRO BUKU PAK HARTO THE UNTOLD STORIES
A A A
JAKARTA - Sosok Syaukat Banjaransai mungkin terdengar asing bagi sebagian masyarakat umum di Tanah Air. Padahal, dia merupakan salah seorang purnawirawan militer yang cukup dikenal di eranya.

Mayor Jenderal TNI (Purn) Syaukat Banjaransari adalah salah seorang purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Dalam riwayat kariernya, dia pernah menduduki sejumlah posisi penting, termasuk di antaranya adalah Sekretaris Militer Presiden periode 1989-1993.

Pada perjalanan hidupnya, Syaukat memiliki sebuah kisah menarik yang sulit dilupakan. Uniknya, cerita ini berhubungan dengan Presiden Kedua Indonesia, yakni Soeharto.


Kisah Menarik Mayjen Syaukat Banjaransari

Singkatnya, Syaukat Banjaransari dulunya merupakan tetangga Soeharto yang saat itu tinggal di Jalan Merbabu, Yogyakarta. Jika Soeharto berada di rumah nomor 2, Syaukat tepat di nomor 5.

Suatu hari di tahun 1948, Syaukat masih berusia sekitar 12 tahun. Saat itu, dia tengah mengasah grip atau alat tulis di zaman dulu.

Tiba-tiba, Soeharto melintasi menggunakan sebuah sepeda. Sekadar informasi, saat itu Soeharto sendiri telah bergabung dengan militer dan memiliki pangkat Letnan Kolonel (Letkol).

Saat melintas dengan sepedanya, Soeharto melalui jalan menanjak. Melihat Syaukat, dia lantas meminta tolong untuk membantu mendorong sepedanya.

"Ayo le surung, surung (ayo dorong nak, dorong)," ucap Soeharto seperti dituturkan Syaukat dalam buku Pak Harto The Untold Stories seperti dikutip, Jumat (7/4/2023).

Melihat permintaan tersebut, Syaukat tak berpikir lama dan langsung membantu mendorong sepeda yang dinaiki Soeharto. Pada akhirnya, sepeda tersebut berhasil naik sampai ke puncak jalan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)