Mahfud MD Ajak Perangi Sindikat Perdagangan Orang di Batam

Jum'at, 07 April 2023 - 03:13 WIB
loading...
Mahfud MD Ajak Perangi Sindikat Perdagangan Orang di Batam
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak berbagai pihak untuk memerangi perdagangan orang. Foto/MPI
A A A
BATAM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak berbagai pihak untuk memerangi perdagangan orang . Batam pun turut menjadi perhatian serius Mahfud MD.

Hal ini disampaikannya saat memberikan keynote speech pada seminar yang diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Batam, Kamis 6 April 2023.



Mahfud mengatakan seminar diselenggarakan di Batam bukan tanpa alasan. Pasalnya, Provinsi Kepulauan Riau menjadi salah satu yang paling banyak menjadi pintu penempatan pekerja migran ilegal dan jalur perdagangan orang.

"Sindikat dan jaringan perdagangan orang di Batam bukan orang biasa karena terkoordinasi dengan baik dan melibatkan oknum pemerintah, oknum aparat, dan pihak swasta," ujar Mahfud MD dikutip, Jumat (7/4/2023).

"Saya sebagai salah satu Ketua Gugus Tugas PP TPPO pusat mengajak BP2MI lewat #SikatSindikat untuk terus memerangi praktik ini dan bersinergi dengan lembaga-lembaga lain," sambung dia.

Usai membuka seminar, Mahfud MD meluncur ke Pelabuhan Internasional Batam Center. Diketahui pengiriman pekerja migran ilegal (non prosedural) ditengarai tidak hanya melalui pintu belakang tetapi juga pintu depan alias jalur resmi.



"Kali ini saya datang hanya kunjungan biasa karena masih didampingi aparat dan pejabat. Lain kali saya akan datang untuk sidak," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)