Gubenur Bali Tolak Israel di ANOC World Beach Games, Ini Kata Jokowi

Kamis, 06 April 2023 - 13:33 WIB
loading...
Gubenur Bali Tolak Israel di ANOC World Beach Games, Ini Kata Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan kepada media terkait sikap Gubernur Bali Wayan Koster yang menolak Israel di ajang ANOC World Beach Games, Kamis (6/4/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menanggapi sikap Gubernur Bali Wayan Koster yang menolak Israel di ajang ANOC World Beach Games . Jokowi mengaku belum mendapat laporan atas sikap gubernur Bali tersebut.

"Saya belum dapat laporan ya. Saya belum dapat laporan," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/4/2023).

Untuk diketahui, Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan dirinya tetap bersandar kepada kontitusi yang masih berlaku di Indonesia. Karena itu, ia tetap menolak kedatangan kontingen Israel yang akan hadir di ANOC World Beach Games yang dijadwalkan berlangsung 5-12 Agustus 2023 di Bali.


"Saya tetap berpatokan pada konstitusi dan juga Permenlu No 3 tahun 2029 yang melarang untuk mengibarkan bendera dan lagu kebangsaan Israel sebagai satu entitas di Indonesia. Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang," katanya kepada media di Pura Besakih, Karang Anyar, Bali, Rabu (5/3/2023).

Konsistensi Wayan Koster untuk terus menolak Israel dan mencampuradukan antara olahraga dengan politik belum berubah. Sebelumnya, Gubernur Bali menolak Timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20 di Pulau Dewata dengan berbagai alasan. Mulai dari takut trauma bom hingga membawa nama presiden pertama, Soekarno.

Penolakan dari Wayan Koster dan sejumlah pihak lain membuat Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mencoret Indonesia dari daftar tuan rumah Piala Dunia U-20 yang seharusnya berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023. Saat menolak Israel di Piala Dunia U-20, Koster menilai kehadiran Timnas Israel berpotensi mengancam keamanan di Bali. Karenanya, dia menolak kedatangan Israel ke Indonesia, khususnya ke Bali.



"Hal ini sangat berpotensi menjadi ancaman dan gangguan keamanan di Bali, baik ancaman bersifat terbuka dan tertutup," ungkapnya.

Association National Olympic Committee atau ANOC Word Beach Games 2023 merupakan olahraga pinggir pantai bertaraf internasional. Terdapat 14 cabang olahraga yang biasa dimainkan di pantai, yakni aquathlon, bola tangan pantai, sepak bola pantai, tenis pantai, bola voli pantai 4×4, waterpolo pantai, gulat pantai, kata perorangan, renang perairan terbuka 5 km, basket 3x3, air badminton, surfing, beach sprint rowing, dan wingfoil racing.Acara diharapkan mengundang kehadiran ratusan ribu orang, baik atlet, ofisial, dan penonton.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)