Elektabilitas Perindo Naik Signifikan di Jatim dan Jateng, Ungguli PPP dan PAN

Rabu, 29 Maret 2023 - 17:00 WIB
loading...
Elektabilitas Perindo Naik Signifikan di Jatim dan Jateng, Ungguli PPP dan PAN
Elektabilitas Perindo naik signifikan di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), berdasarkan hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) naik signifikan di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Data ini berdasarkan hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS) terkait elektabilitas partai politik di Jateng dan Jatim.

Di Jawa Timur, Partai Perindo merangsek naik menjadi partai papan tengah dengan elektabilitas 5,2 persen. Elektabilitas Perindo mengungguli tiga partai parlemen yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Tak berbeda jauh, elektabilitas Partai Perindo juga meningkat di wilayah Jateng dengan 5,1 persen suara responden. Partai Perindo juga mengungguli PPP dan PAN di Jateng yang tidak mendapatkan suara sampai lima persen.



"Pada Pemilu 2019, Partai Perindo hanya mampu meraih sekitar 2,1% suara di Jawa Tengah dan 2,3% di Jawa Timur," kata Peneliti SRS, Edwin Abdul, Rabu (29/3/2023).

"Kini partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu berhasil merangsek menjadi partai papan tengah dengan elektabilitas sebesar 5,1% di Jawa Tengah dan 5,2% di Jawa Timur," tambahnya.


Jatim dan Jateng Lumbung Suara Terbesar


Abdul menyampaikan, meningkatnya elektabilitas Partai Perindo ini dipercaya berpengaruh besar pada lolosnya Partai Perindo menembus parliamentary threshold di Pemilu 2024. Hal itu lantaran wilayah Jatim dan Jateng merupakan wilayah dengan lumbung suara terbesar.

"Mengingat Jateng, Jatim bersama Jabar adalah lumbung suara yang terbesar pada setiap Pemilu, maka keberhasilan mencapai elektabilitas di atas 5% tersebut akan berpengaruh besar pada lolosnya Partai Perindo menembus Parliamentary Threshold pada Pemilu 2024 mendatang," tukasnya.

Sebagai informasi survei ini dilakukan pada tanggal 16-23 Maret 2023 di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Adapun responden yang mengikut survei ini berjumlah 1.200 orang yang berasal dari kedua wilayah tersebut dan sudah berusia 17 tahun.

Survei dilakukan melalui teknik pengambilan sampe secara acar bertingkat (multistage random sampling) dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka. Margin of error pada survei ini diklaim sebesar kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Rincian Elektabilitas Partai:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)