Google Doodle Tampilkan Raden Ayu Lasminingrat, Ini Sosoknya

Rabu, 29 Maret 2023 - 05:10 WIB
loading...
Google Doodle Tampilkan Raden Ayu Lasminingrat, Ini Sosoknya
Google Doodle menampilkan Aktivis Perempuan dan Cendikiawan Sunda Raden Ayu Lasminingrat dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-169. Foto/Dinas Kebudayaan DIY
A A A
JAKARTA - Google Doodle menampilkan Aktivis Perempuan dan Cendikiawan Sunda Raden Ayu Lasminingrat dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-169. Google menilai Raden Ayu Lasminingrat sebagai tokoh yang telah membuka jalan bagi generasi perempuan Indonesia.

"Doodle buatan tangan hari ini merayakan ulang tahun ke-169 penulis dan cendekiawan Sunda Lasminingrat yang membuka jalan bagi generasi perempuan Indonesia di masa depan," tulis Google, Rabu (29/3/2023).



Google Doodle Tampilkan Raden Ayu Lasminingrat, Ini Sosoknya


Dalam Google Doodle ditampilkan wajah Raden Ayu Lasminingrat serta sejumlah ornamen seperti siswa yang menerima pelajaran dari guru di bawah pondok, tangga dan burung, tangan yang sedang menulis, serta bunga dan matahari yang bersinar.

"Terima kasih Lasminingrat yang telah mendedikasikan hidupnya untuk pemberdayaan perempuan Indonesia dan menjadi pelopor pendidikan perempuan," tulis Google kembali.

Dikutip dari laman Google, Doodle merupakan perubahan logo Google yang asyik, mengejutkan, dan kadang spontan untuk merayakan liburan dan peristiwa penting, serta memperingati kehidupan para seniman, pelopor, dan ilmuwan terkenal.

Ide untuk orat-oret (Doodle) datang dari sejumlah sumber, termasuk karyawan, dan pengguna Google. Proses pemilihan ide bertujuan untuk merayakan ulang tahun serta perayaan yang menarik dan mencerminkan kepribadian maupun kecintaan Google akan inovasi.

Bagi Google, membuat orat-oret telah menjadi upaya kelompok untuk memeriahkan beranda Google dan membawa senyum ke wajah para pengguna Google di seluruh dunia. Tim ini telah menciptakan lebih dari 5.000 coretan untuk halaman beranda Google di seluruh dunia.

Lantas, seperti apa sosok Raden Ayu Lasminingrat sehingga Google tertarik menampilkan Doodle ulang tahunnya yang ke-169? Dikutip dari laman budaya.jogjaprov.go.id, Rabu (29/3/2023), Lasminingrat merupakan salah satu tokoh perempuan yang berjuang di bidang pendidikan sekaligus representasi kaum perempuan dalam memperjuangkan kesetaraan gender yang pada zamannya masih tertinggal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)