Menakar Soliditas Koalisi Perubahan jika Tandem Anies Baswedan dari Eksternal?

Selasa, 28 Maret 2023 - 09:31 WIB
loading...
Menakar Soliditas Koalisi Perubahan jika Tandem Anies Baswedan dari Eksternal?
Anies Baswedan dan Tim 8 menunjukkan Piagam Koalisi yang telah ditandatangani pimpinan tiga parpol Koalisi Perubahan di Sekretariat Perubahan, Jumat (24/3/2023). FOTO/INSTAGRAM ANIES BASWEDAN
A A A
JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Nasdem telah sepakat berkoalisi untuk Pilpres 2024 mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres). Pembentukan Koalisi Perubahan untuk Persatuan ditandai dengan penandatanganan piagam deklarasi oleh ketiga partai politik tersebut.

Ketiga parpol ini juga sudah memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold. Nasdem 10,2% atau 59 kursi DPR, Demokrat 9,4% setara dengan 54 kursi, dan PKS 8,7% atau 50 kursi. Sehingga, total dari gabungan ketiga parpol itu sebanyak 163 kursi atau 28,3%.

Diketahui, Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyatakan bahwa pasangan calon diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20% dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25% dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.





Sementara itu, Anies Baswedan belum mau mengungkap siapa sosok calon wakil presiden (cawapres) yang bakal dipinangnya di kontestasi Pemilu 2024. Saat ini, kriteria cawapres tengah diotak-atik oleh tim kecil yang telah terbentuk.

"Biarkan berproses dulu sudah ada tim kecil yang akan terus membahas dengan kriteria-kriteria yang ada," ujar Anies seusai menghadiri acara buka bersama (Bukber) di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (25/3/2023).

Menurut Anies, lambat laun, kriteria cawapres yang bakal menemaninya nanti, juga akan segera diumumkan kepada khalayak. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan sosok cawapres yang akan mendampingi pada Pilpres 2024.



Meskipun ada tim khusus dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang membahas dan memberikan masukan tentang sosok cawapres pendamping Anies. AHY mengatakan, upaya membangun KKP diharapkan bisa mendapatkan jalan baik, yang akhirnya bisa sukses bersama di Pemilu 2024. AHY juga ingin terus membangun komunikasi yang baik dengan semua tokoh, tak terkecuali Anies Baswedan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2716 seconds (0.1#10.140)