Survei Indikator Kepercayaan Meningkat 70,8 Persen, Kinerja Polri Diapresiasi

Senin, 27 Maret 2023 - 16:04 WIB
loading...
Survei Indikator Kepercayaan Meningkat 70,8 Persen, Kinerja Polri Diapresiasi
Berdasarkan Indikator Politik Indonesia, tingkat kepercayaan publik Polri meningkat 70,8%. Hal ini pun diapresiasi anggota Komisi III DPR, M Rano Alfath. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Berdasarkan laporan Indikator Politik Indonesia, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri meningkat menjadi 70,8 persen. Hal ini pun diapresiasi anggota Komisi III DPR, M Rano Alfath.

Dirinya menilai, peningkatan Polri ini tidak lepas dari peran Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang memiliki tanggung jawab besar untuk membina lembaga yang dipimpinnnya.

"Kepercayaan publik itu bukan sesuatu yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. Ada dedikasi, komitmen, kerja keras, dan banting tulang yang sangat luar biasa di situ," kata Rano Alfath, Senin (27/3/2023).

"Apresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Kapolri karena telah melakukan berbagai macam inovasi dan reformasi dalam sistem kerja dan pelayanan publik Kepolisian. Sehingga masyarakat kembali percaya dan justru merasa butuh kehadiran sosok polisi di sekitarnya," tambahnya.



Menurut legislator asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) itu, model kepemimpinan Kapolri yang tegas, merupakan salah satu bekal utama dalam memperkuat kinerja dan citra positif Polri di mata masyarakat.

"Kapolri mampu mengambil keputusan-keputusan yang responsif, tegas dan bijak dalam kasus-kasus yang menjadi sorotan publik," ucapnya.

Polri Fokus Menjalankan Tugas dan Fungsinya

Menurutnya, internal Polri tetap kondusif dan fokus untuk menjalankan apa yang menjadi tugas dan fungsi pokoknya. Untuk itu kata dia, sangat pantas Polri mendapatkan prestasi ini.

"Saya yakin jajaran Kepolisian tidak akan berpuas diri dan akan terus berusaha untuk meningkatkan kinerjanya kedepan," ujar Rano.

Terakhir, anggota dewan yang menduduki Komisi Hukum itu percaya, kepercayaan publik yang semakin meningkat adalah indikator yang sangat penting.

"Untuk membangun kedaulatan negara dan stabilitas keamanan dalam masyarakat," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei tingkat kepercayaan terhadap lembaga, salah satunya Polri, pada periode Februari-Maret 2023. Hasilnya, tingkat kepercayaan ke Polri meningkat dan berada di angka 70,8 persen.

Survei terkait tingkat kepercayaan terhadap lembaga dilakukan pada 9-16 Februari 2023 dengan jumlah sampel 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)