Biaya Pasien Corona di Dua RS Siloam Ditanggung Pemerintah

Selasa, 14 April 2020 - 12:24 WIB
loading...
Biaya Pasien Corona di Dua RS Siloam Ditanggung Pemerintah
masyarakat luas bisa menikmati pelayanan dan perawatan pasien Covid-19 dan PDP di RS Siloam Kelapa Dua dan Mampang. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pasien positif Corona dan pasien dalam pemantauan (PDP) di Rumah Sakit Siloam di tanggung penuh oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 238 Tahun 2020.

“Pemerintah khususnya Menkeu sudah mengalokasikan anggaran dan disalurkan lewat Menkes dalam Keputusan Menteri Kesehatan untuk ketetapan dan pelaksanaannya. Ini sesuatu hal yang positif bagi masyarakat warga Indonesia dimana setiap pasien ditanggung pemerintah,” kata Direktur Komunikasi Lippo Group, Danang Kemayan Jati dalam keterangan tertulisnya Senin 13 April 2020.

Meski biaya perawatan pasien corona (Covid-19) yang ditanggung tidak akan mencukupi total biaya aktual dari rumah sakit swasta (yang tidak menerima subsidi dan bantuan keuangan pemerintah), Siloam telah memutuskan untuk mendukung penuh keputusan pemerintah dan memberikan pelayanan Covid-19 berdasarkan Keputusan Menkes.

“Selanjutnya pasien Covid-19 dan PDP yang masuk dirawat RS Siloam Kelapa Dua dan RS Siloam Mampang akan dirawat oleh biaya Siloam yang nantinya akan ditagih berdasarkan peraturan walaupun tidak akan mencukupi dan menutupi selurah biaya,”ungkap Danang.

Itu berarti tidak ada lagi triple track management bagi pasien, yaitu private pay, asuransi dan tanggungan pemerintah. “Hanya ada satu track, yaitu pasien yang ditanggung berdasarkan Keputusan Menkes,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Danang, masyarakat luas bisa menikmati pelayanan dan perawatan pasien Covid-19 dan PDP di Siloam Kelapa Dua dan Mampang.
RS Siloam, kata Danang, sudah menyediakan Nasal Swab+VTM di lapangan dengan proses 3 menit. Juga tersedia proses swab lab dengan deaktivasi, ekstraksi dan PCR.

“Siloam telah ditetapkan sebagai jejaring laboratorium pemeriksaan Covid-19 selama masa pandemi Covid-19 oleh Kemenkes. PCR Nasal Swab Testing di semua RS Siloam. Khususnya di RS Siloam Lippo Village dimana pusat Lab berada,”ungkap Danang.

Sedangkan paket pelayanan terdiri atas tujuh hari, 72 jam, dan 24 jam. “Pasien langsung datang, daftar sederhana dan di Swab secara pribadi di RS Siloam. Swab hanya dalam 3 menit. Yang lama proses Lab sampai PCR,”tuturnya.

RS Siloam juga menyediakan Rapid Test kits berdasarkan test anti-body di 39 RS Siloam. “Siloam telah selesai membangun dan sepenuhnya mengoperasikan dua RS Rujukan Khusus Covit-19, dan sudah siap menerima pasien Covid-19 dan pasien PDP,” kata Danang.

RS Siloam Kelapa Dua di bagian timur Lippo Village dengan kapasitas 214 tempat tidur dengan sepenuhnya berfungsi dan 21 Intensive Care Unit (ICU). Sedangkan RS Siloam Mampang dengan kapasitas 415 tempat tidur dengan sepenuhnya berfungsi dan 18 Intensive Care Unit (ICU).

“Pasien bisa langsung di rujuk dan di pindahkan dari RS lainnya dimanapun, tidak hanya rujukan dari RS Siloam.

Dia menjelaskan, pasien Positif Covid-19 berdasarkan CR-Lab-Swab Test atau Diagnosa Klinis-Positive di RS lain atau pusat pusat kesehatan lainnya. "Juga bisa langsung menghubungi Siloam untuk pendaftaran dan patient admission,” kata Danang.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)