Anies Nilai Politik Identitas Tak Terhindarkan, Pengamat: Harus Hindari

Jum'at, 24 Maret 2023 - 21:08 WIB
loading...
A A A
Jika yang dikatakan Anies terjadi, menurut Emrus, praktik politik identitas dalam kontestasi Pilpres 2024 nantinya bisa menguntungkan atau bisa merugikan.

"Konten yang diperbincangkan bisa menguntungkan Anies, juga bisa merugikan. Kontennya apa kira-kira yang akan disusun? Katakanlah konten yang terkait dengan pembenturan suku dengan suku. Membenturkan agama atau aliran tertentu, bisa saja muncul itu. Lalu apakah yang merugikan dan menguntungkan Anies? tergantung yang akan muncul ke permukaan," ujar Emrus.

Untuk diketahui, Anies Baswedan sebelumnya menyebutkan politik identitas tak bisa dihindari. "Politik identitas itu adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Misalnya calon yang bersaing adalah laki-laki dan perempuan, maka di situ ada identitas gender," ujar Anies di Surabaya, Jumat, 17 Maret 2023.

Anies berharap agar suasana damai dan penuh kebersamaan itu terus dijaga dengan menghadirkan kesetaraan, kesempatan yakni kesetaraan pendidikan bermutu dan kesetaraan untuk pelayanan kesehatan yang baik.

"Keragaman dalam bingkai persatuan menjadi indah dengan hadirnya keadilan," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)