Cawapres Potensial, TGB Dinilai Cocok Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Jum'at, 24 Maret 2023 - 07:47 WIB
loading...
Cawapres Potensial, TGB Dinilai Cocok Dampingi Prabowo di Pilpres 2024
Ketua Harian DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dinilai layak mendampingi Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dinilai sebagai salah satu kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang potensial. Bahkan, TGB dinilai layak mendampingi Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Dosen Komunikasi Politik Universitas Mercu Buana, Syaifuddin mengatakan ada banyak faktor yang menjadi keunggulan TGB sebagai kandidat cawapres. Pertama, keunggulan dari partai asalnya yakni Partai Perindo yang elektabilitasnya berdasarkan sejumlah survei sudah melampaui parliamentary threshold 4%.



"Dalam perkembangan terakhir, Perindo ini saya sudah melakukan riset ya, elektabilitasnya sudah sampai 4% atau mencapai parliamentary threshold. Seperti prediksi saya yang lalu, Perindo ini bisa masuk Parlemen nanti di Pemilu 2024 dengan semakin baiknya itu dengan menghitung partai lain," ujar Syaifuddin saat dihubungi, Jumat (24/3/2023).

Kemudian, lanjut Syaifuddin, TGB memiliki latar belakang yang mumpuni. Pertama TGB adalah politisi yang sudah malang melintang sebelum hijrah ke Perindo, TGB pernah di Partai Bulan Bintang (PBB) dan duduk sebagai Anggota DPR RI, lalu ke Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Kedua, TGB pernah juga duduk di eksekutif sebagai Gubernur di NTB. Ketiga, TGB dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

"Kita semua tahu yang namanya NU ini cukup kuat, nah itu sudah pasti jadi pendukung utama. Nah, kantong-kantong massa NU ini jelas ada di mana-nama. Kalau di Lombok itu beliau itu termasuknya dedengkot NU, kalau di sana disebutnya Nahdlatul Wathan, begitu di Jawa namanya Nahdlatul Ulama," terangnya.

Menurut Syaifuddin, harus dipahami ketika Partai Perindo mencalonkan TGB sebagai Cawapres maka yang tersirat di situ TGB merupakan representasi tokoh ulama yang mewakili suara agama mayoritas yakni Islam dan berasal dari Indonesia timur.

"Jadi, tokoh nasional, yang mewakili tokoh agama dan kebetulan juga dari Indonesia timur. Terus kemudian, Perindo punya ongkos politik cukup kuat, ini faktor-faktor tambahan," ujar Syaifuddin.

Karena itu, Syaifuddin menghitung bahwa kans TGB sebagai Cawapres cukup besar dan menarik untuk dilirik oleh parpol lain. TGB juga menurutnya cocok mendampingi Prabowo untuk maju di Pilpres 2024 dan dengan segala keunggulannya akan menjadi kekuatan yang melengkapi Prabowo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3510 seconds (0.1#10.140)