Sudirman Said: Dalam Waktu Dekat 3 Partai Koalisi Perubahan akan Deklarasi Bersama

Rabu, 22 Maret 2023 - 17:19 WIB
loading...
Sudirman Said: Dalam Waktu Dekat 3 Partai Koalisi Perubahan akan Deklarasi Bersama
Perwakilan Anies Baswedan di Koalisi Perubahan, Sudirman Said mengatakan, tiga partai Koalisi Perubahan akan deklarasi bersama. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perwakilan Anies Baswedan di Koalisi Perubahan, Sudirman Said menyebut dalam waktu dekat akan ada pertemuan para pemimpin partai koalisi dengan kandidat capres Anies Baswedan.

"Saat ini sedang dicari hari baik untuk pengumuman resmi tiga partai koalisi, setelah sebelumnya dilakukan oleh masing-masing partai," ujarnya, Rabu (22/3/2023).

Mengenai koalisi, Sudirman Said mengatakan, saat ini piagam Koalisi Perubahan telah ditandatangani oleh dua partai, yakni Partai Nasdem dan Partai Demokrat. Adapun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sedang menunggu waktu yang tepat.



"Kami mensyukuri semua tahapan yang direncanakan terlaksana dengan baik. Ini berkat mandat penuh dari para pemimpin partai kepada utusannya di tim kecil, dan berkat rasa saling percaya yang tinggi dalam tim," ujar Sudirman.

Sebelumnya, Partai Nasdem menyatakan sikapnya yang mendukung Anies Baswedan pada 3 Oktober 2022. Lalu pada 26 Januari 2023 Partai Demokrat mendeklarasikan sikap politiknya. Tak berselang lama, pada 23 Februari sikap politik PKS yang mendukung Anies Baswedan sebagai kandidat capres Koalisi Perubahan turut dideklarasikan.



Berdasarkan catatan yang dirangkum, terdapat sejumlah pertemuan antara ketua umum partai politik yang tergabung dalam koalisi perubahan. Pertemuan tersebut diantaranya terjadi pada 26 Oktober tahun lalu antara Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketum Partai NasDem Surya Paloh di Wisma Nusantara yang langsung selama dua jam.

Lalu pada 22 Februari, Surya Paloh mengunjungi Kantor DPP Partai Demokrat dan bertemu AHY. Selain bertemu dengan ketua umum partai, AHY juga bertatap muka dengan kandidat capres koalisi perubahan Anies Baswedan pada 2 Januari.

Sebelumnya, saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ia menyambangi kantor DPP Partai Demokrat dan bertemu AHY pada 7 Oktober 2022. Setelah itu, pada 2 Februari keduanya juga bertemu bersama tim kecil Koalisi Perubahan di Kantor DPP Partai Demokrat.

Selang dua hari kemudian Anies dan AHY terlihat bersama-sama menyaksikan konser Dewa 19 di Jakarta International Stadium pada 4 Februari. Selain itu, Ketua umum PKS Ahmad Syaikhu juga bertemu Ketua Umum NasDem Surya Paloh pada 3 Februari.

Pada 26 Januari, Anies Baswedan bersama tim kecil koalisi perubahan menggelar pertemuan. Dan terbaru, Anies juga bersua AHY di pendopo rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Selasa 21 Maret
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)