94 Mahasiswa dan Dosen Indonesia Dapat Beasiswa dari Uni Eropa

Sabtu, 18 Juli 2020 - 16:45 WIB
loading...
94 Mahasiswa dan Dosen Indonesia Dapat Beasiswa dari Uni Eropa
Sebanyak 94 mahasiswa dan dosen Indonesia menerima beasiswa Erasmus Plus (Erasmus+) dari Uni Eropa pada tahun 2020. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 94 mahasiswa dan dosen Indonesia menerima beasiswa Erasmus Plus (Erasmus+) dari Uni Eropa pada tahun 2020. Beasiswa berupa studi hingga dua tahun pada jenjang S-2 dan S-3 di perguruan tinggi di Uni Eropa.

Acara pelepasan para penerima beasiswa Erasmus+ berlangsung secara virtual hari ini (18/7/2020) dan dihadiri oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket dan Pelaksana Tugas Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam.

Tahun ini merupakan jumlah tertinggi penerima beasiswa asal Indonesia dibanding tahun-tahun sebelumnya. Setiap tahun Uni Eropa memberikan beasiswa Erasmus+ kepada mahasiswa dan dosen Indonesia untuk menempuh studi tingkat S-1, S-2 dan S-3 di Eropa.

Meskipun di tengah situasi pandemik COVID-19, sebagian besar penerima beasiswa Erasmus+ akan tetap berangkat ke Eropa untuk melaksanakan studi di sedikitnya dua perguruan tinggi yang terletak di dua negara Eropa yang berbeda.

( )

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket mengatakan program Erasmus+ memberikan peluang yang sangat berharga untuk meningkatkan kemampuan akademis dan profesionalisme di universitas-universitas Eropa yang berkualitas tinggi.

"Lebih dari itu, beasiswa Erasmus+ juga dapat memperluas wawasan dan memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi para alumni Erasmus+ setelah mereka kembali ke Indonesia. Semua penerima beasiswa ini adalah calon-calon pemimpin potensial di masa yang akan datang di bidang keahlian mereka masing-masing. Kami bangga bisa berkontribusi untuk masa depan Indonesia melalui program beasiswa Erasmus+,” tutur Vincent Piket.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam mengatakan, beasiswa Erasmus+ merupakan kesempatan sangat baik bagi mahasiswa maupun dosen Indonesia untuk mendapatkan pendidikan dan pengalaman internasional dari Perguruan-perguruan Tinggi di Eropa dan negara-negara mitra.

"Selain itu menjalin jaringan dan kerja sama yang luas. Atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kami sampaikan terima kasih kepada Uni Eropa atas dukungan beasiswa Erasmus+ serta selamat kepada para penerima beasiswa," katanya.

Charlah Arlens Wowor, salah seorang penerima beasiswa Erasmus+, yang akan menempuh pendidikan jenjang S-2 di bidang European Master in Tourism Management yang akan studi di tiga negara, yakni Denmark, Slovenia dan Spanyol berharap dirinya dapat menerapkan ilmunya usai studi nanti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2784 seconds (0.1#10.140)