4 Brevet TNI AL, Tak Sembarang Tentara Bisa Menyandangnya

Senin, 20 Maret 2023 - 12:36 WIB
loading...
4 Brevet TNI AL, Tak Sembarang Tentara Bisa Menyandangnya
Brevet Denjaka menandakan kemampuan yang dimiliki personel pasukan TNI AL yang dibekali kemampuan antiteror. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Brevet merupakan atribut yang menunjukkan kemampuan sekaligus penghargaan pada bidang tertentu di dunia militer, khususnnya TNI. Tetapi brevet dapat diberikan kepada kalangan militer maupun nonmiliter yang dianggap layak dan berjasa kepada TNI.

Brevet TNI AL

TNI punya banyak brevet untuk beragam bidang kemamupan di setiap matra. TNI AL misalnya, sedikitnya punya empat brevet kebanggaan, salah satunya menandakan bagian dari pasukan elite Denjaka. Berikut empat brevet tersebut:

Brevet Intai Amfibi

4 Brevet TNI AL, Tak Sembarang Tentara Bisa Menyandangnya

Foto/facebook
Brevet Intai Amfibi diberikan berasal dari Batalyon Intai Amfibi merupakan salah satu unit elite Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL). Prajurit Yon Taifib diseleksi dari semua unsur tempur Marinir seperti Infanteri, Artileri, Kavaleri, Bantuan Tempur dan Pertahanan Pangkalan. Setelah lulus pendidikan, mereka akan memperoleh Brevet Intai Amfibi.

Sejumlah perwira tinggi TNI yang memiliki brevet ini di antaranya adalah Mayjen (Mar) Nur Alamsyah, Letjen (Mar) Suhartono, Brigjen (Mar) Imam Sopingi serta masih banyak lagi.

Brevet Hiu Kencana

4 Brevet TNI AL, Tak Sembarang Tentara Bisa Menyandangnya

Foto/Facebook
Penyematan Brevet Hiu Kencana menjadi salah satu bentuk penghormatan dari jajaran TNI Angkatan Laut, khususnya pada Satuan Kapal Selam.

Sejumlah perwira tinggi TNI yang memiliki Brevet Hiu Kencana di antaranya adalah Laksamana Yudo Margono, Laksamana (Purn) Siwi Sukma Adji, Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Jenderal TNI (Purn) George Toisutta, dan lainnya.

Brevet Denjaka

4 Brevet TNI AL, Tak Sembarang Tentara Bisa Menyandangnya

Foto/istimewa
Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) merupakan pasukan elite TNI AL. Pasukan ini dibekali kemampuan antiteror, antisabotase, serta klandestin aspek laut. Tidak mudah bagi anggota TNI untuk mendapatkan brevet Denjaka. Tak heran bila hanya beberapa orang yang berhasil memperoleh atribut tersebut.

Sejumlah perwira tinggi TNI yang memiliki brevet ini di antaranya adalah Laksamana Yudo Margono, Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto, Jenderal (Purn) Moeldoko, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, dan lainnya.

Brevet Kopaska

4 Brevet TNI AL, Tak Sembarang Tentara Bisa Menyandangnya

Foto/Facebook
Brevet Kopaska merupakan tanda penghormatan dari salah satu pasukan khusus TNI AL, yakni Komando Pasukan Katak (Kopaska). Sejumlah perwira tinggi TNI yang memilikinya adalah Laksamana Yudo Margono, Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, Laksamana (Purn) Marsetio, Laksdya TNI (Purn) Didit Herdiawan, dan lainnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)