Kesepakatan Kerja Sama Saudi-Iran dan Jalan Moderatisme

Senin, 20 Maret 2023 - 13:41 WIB
loading...
A A A
Inilah awal mula "ternak" paham dan tindakan radikalisme berkembang ke berbagai penjuru dunia. Tumbuhnya radikalisme-ekstremisme dan solusi militeristik untuk mengatasinya menjadi bagian dari strategi kepentingan Barat untuk menutupi motif kepentingan ekonomi dan dominasi pengaruh kawasan. Perang Afghanistan dan Suriah adalah contoh nyata pola seperti ini.

Cooper juga menunjukkan, Saudi dan AS mengembangkan kerja sama yang ekstensif dalam bidang ekonomi dan militer yang memungkinkan Saudi untuk mengintervensi negara tetangga, Yaman misalnya. Namun demikian, perang Rusia-Ukraina dan Suriah bisa jadi dalam beberapa hal membuka mata Saudi bahwa keberpihakan Amerika sering berada dalam situasi yang rumit dan sulit diterima. Dalam eskalasi tersebut, AS disinyalir menjadikan diri sebagai pusat kebutuhan minyak dan gas negara-negara Eropa dengan memanfaatkan konflik di wilayah tersebut.

Pada saat yang sama, Iran terus berkembang menjadi negara yang demikian maju secara teknologi. Dalam teknologi perang, penggunaan drone kamikaze Shaheed 136 milik Iran dalam perang Ukraina setidaknya menunjukkan "kelas" Iran dalam kancah teknologi perang di tengah embargo AS dan Barat.

Kini, dengan peran dan kecerdikan China dalam menjembatani perdamaian dan kerja sama Saudi-Iran, China dapat menjadi poros baru di tengah dominasi pengaruh dunia.

Bagi Saudi, jalan moderatisme dengan "melunakkan" Wahabisme dengan berbagai pendekatan adalah solusi tepat. Uniknya, dalam relasi tersebut, China juga memiliki peran dan kerja sama signifikan dengan Israel yang setidaknya terlihat dalam konteks Jalur Sutera China dan gagasan lingkar kawasan ekonomi Israel (Mediterranian High Speed Railwaydan pipa gas/minyak).

Proxy Kepentingan dan Konflik
Selepas berdirinya Republik Islam Iran, Negeri Paman Sam berseberangan, bahkan bermusuhan, dengan Iran hingga kini, di antaranya karena penolakan Iran untuk menjadi boneka AS dan dukungan Iran terhadap Palestina.

Dalam peta hubungan politik seperti itu, harapan baik dapat diletakkan pada kesepakatan Saudi dan Iran yang baru saja dibangun. Bisa saja, Iran menjadi proxy kepentingan Rusia untuk diplomasi jalan keluar perang Rusia-Ukraina.

Dengan kesepakatan dan hubungan diplomatik bersama Saudi Arabia dan China, Iran dapat menjadi poros baru untuk mengakhiri perang Ukraina, tanpa harus membuat malu berlebihan pada Rusia, tapi juga bukan untuk mendongakkan kepala Ukraina, Barat, dan NATO. Pada saat yang bersamaan, Saudi dapat mewakili dan menjadiremotekepentingan Amerika dan Barat agar kerugian eskalatif perang Ukraina tidak berkepanjangan bagi AS dan Barat.

Yang menarik, dalam lingkaran perkembangan terbaru ini adalah Israel dan beberapa negara Timur Tengah yang terafiliasi dengan perjanjian damai bersama mereka dalam Abraham Accord (2021). Dalam beberapa tahun terakhir, Israel, dengan dukungan AS, berhasil meyakinkan beberapa negara Timur Tengah untuk membangun hubungan diplomatik dan berbagai kerja sama ekonomi.

Tercatat, Uni Emirat Arab (UEA), Maroko, Bahrain, dan Kuwait telah sedemikian rupa membangun hubungan politik dan ekonomi dengan Israel. Inilah langkah semacam "desa mengepung kota", untuk keyakinan bahwa tujuan utama Israelsesungguhnya adalah kesepakatan dengan Arab Saudi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2549 seconds (0.1#10.140)