Pohon Gaharu Cegah Kebakaran Hutan

Senin, 05 Oktober 2015 - 16:08 WIB
Pohon Gaharu Cegah Kebakaran Hutan
Pohon Gaharu Cegah Kebakaran Hutan
A A A
JAKARTA - Pemerintah ke depan berupaya mencegah kembali persoalan kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap. Salah satunya dengan cara mengembangkan penanaman pohon gaharu di lahan gambut.

Namun, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar mengakui perlu perbaikan manajemen ekosistem di lahan gambut yang mudah terbakar. Menurutnya harus ada manajemen ekosistem yang pas, terutama berkaitan dengan mengatur tata air.

“Kanalisasi dan pengontrolan air di blok gambut tersebut dengan cara pemilihan tanaman yang cocok, sehingga nantinya aka ada zonanisasi tenaman guna menghindarkan kebakaran hutan di kemudian hari,” jelas Siti Nurbaya, Jakarta, Senin (5/10/2015).

Sementara itu, pakar irigasi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Budi Indra Setiawan mengingatkan, penanganan lahan gambut perlu perhatian khusus karena karakteristiknya unik.

Dia menerangkan, irigasi dilakukan pada tanah mineral dengan kepadatan tanah yang normal. Ternyata, irigasi juga dapat dilakukan pada lahan gambut dengan memperhatikan beberapa hal.

"Sifat gambut terutama kaitannya dengan kemampuannya menyimpan air dan mengalirkan air sangat berbeda dengan tanah mineral," terang Budi.

Dia menambahkan, penanganan lahan gambut yang sempurna bisa menghindarkan Indonesia dari kebakaran hutan yang sering terjadi pada musim kemarau akibat adanya gejala alam elnino.

“Penanganan lahan gambut yang cermat bisa meminimalisir terjadinya kebakaran hutan yang kerap terjadi,” tambahnya.

Baca: DPR Nilai Pemerintah Tak Serius Tangani Kebakaran Hutan.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5739 seconds (0.1#10.140)