Prabowo Subianto Diangkat Jadi Warga Kehormatan Pasukan Elite Kopasgat TNI AU

Selasa, 14 Maret 2023 - 16:17 WIB
loading...
Prabowo Subianto Diangkat Jadi Warga Kehormatan Pasukan Elite Kopasgat TNI AU
Menhan Prabowo Subianto diangkat sebagai warga kehormatan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU. Foto/Dispenau
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Udara (AU) mengangkat Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebagai warga kehormatan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Sebelum pengangkatan, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyematkan Baret Jingga Kopasgat kepada Prabowo dalam upacara pembaretan di Mako Kopasgat, Lanud Sulaiman, Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/3/2023).

Fadjar mengatakan, pengangkatan Prabowo sebagai warga kehormatan Kopasgat tidak lepas dari perannya yang begitu besar dalam membangun dan membesarkan Kopasgat. Menurut Fadjar, Prabowo punya andil besar dalam meningkatkan profesionalisme prajurit dan modernisasi peralatan Kopasgat. "Peristiwa ini sangat membanggakan kami dan keluarga besar Kopasgat. Kami akan loyal dan terus berlatih," kata Fadjar.



Seusai menerima penghargaan sebagai warga kehormatan Kopasgat, Prabowo menyatakan rasa bangga dan berjanji akan menjaga kehormatan sebagai keluarga Korps Baret Jingga. "Saya sangat bangga menerima penghargaan tersebut, saya berjanji akan menjaga kehormatan korps baret jingga dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Prabowo.



Dalam upacara pembaretan tersebut ditampilkan rangkaian demo udara dan darat, sebagai bentuk profesionalisme Kopasgat dan pertanggung jawaban kepada rakyat. Demo udara dan darat melibatkan 1.876 prajurit, 41 Rantis dan Ransus Kopasgat, seperti APC ILSV, AOC Turangga, Oerlicon, Radar Smart Hunter, Ransus P2 Komando, Ground Radar Survailance, dan Ransus P6 ATAV.

Selain itu, 5 pesawat C-130 Hercules, 2 EMB 314 Super Tucano, 1 Hekikopter EC-725 Caracal dan 1 CN-295. Kehadiran pesawat-pesawat TNI AU sekaligus sebagai ajang latihan profesiensi penerbang-penerbang TNI AU.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)