Hormat bagi ASN yang Hijrah ke IKN, Semangat!

Senin, 13 Maret 2023 - 10:59 WIB
loading...
A A A
Lebih dari itu, bertugas di kawasan Nusantara bukanlah tugas biasa. Mereka sejatinya turut menjalankan Undang-Undang Nomor 3/2022 tentang IKN. Bahkan yang membanggakan, mereka sebenarnya sosok-sosok terpilih karena menjadi bagian pelaku sejarah dalam mengukir terbentuknya IKN Nusantara.

Pada saat yang sama, pemerintah melalui kementerian, lembaga, otorita IKN atau institusi terkait harus mempersiapkan matang program kepindahan para ASN, khususnya generasi awal. Hingga kini, kesiapan itu belum terlihat jelas. Tak hanya soal kesiapan keterampilan bekerja, para ASN juga perlu dibekali modal mental dan spiritual yang mumpuni.

Untuk membantu mereka bisa konsentrasi dalam bekerja, tentu pemerintah harus memberikan jaminan atas hak-hak dasar serta tambahan. Saat ini, pemerintah telah membangun ribuan perumahan yakni berupa rumah susun bagi ASN yang akan tinggal di Nusantara. Namun ini tak cukup. Pemerintah juga harus bisa menjamin bahwa operasional perumahan itu juga bisa berjalan dengan baik. Muaranya agar ASN bisa bekerja dengan lebih tenang.

Bahkan, sebagai bagian perintis, pemerintah juga patut memberikan penghargaan kepada ASN generasi awal ini. Tak sebatas anggaran atau tunjangan seperti uang transportasi, biaya anak atau asisten rumah tangga. Sangat wajar jika mereka dinaikkan tingkat golongan, pangkat, dan sebagainya. Berpindah tugas ke IKN Nusantara adalah misi besar bangsa. Sudah seharusnya mereka yang terlibat langsung dalam misi ini dipompa semangatnya dan diberi kehormatan yang tinggi.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)