Menaker Raih Gelar Doktor, Gus Jazil: Contoh Sukses Perempuan Indonesia

Jum'at, 17 Juli 2020 - 15:46 WIB
loading...
Menaker Raih Gelar Doktor,  Gus Jazil: Contoh Sukses Perempuan Indonesia
Sejumlah pimpinan DPP PKB berfoto bersama dengan Menaker Ida Fauziah yang berhasil meraih gelar Doktor di IPDN. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jakarta.

Ida berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Implementasi Pengarusutamaan Gender dalam Pelaksanaan Fungsi dan Tugas Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia di Kampus IPDN, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Jumat (17/7/2020).

Promosi doktor dipimpin Rektor IPDN Hadi Prabowo, Direktur Program Pascasarjana Sampara Lukman, promotor Khasan Efendi dan Baharullah Akbar, serta Menpora Zainuddin Amali sebagai Oponen Ahli.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan, Ida Fauziyah adalah contoh perempuan sukses yang berhasil mengawinkan karier di panggung politik dan pemerintahan. "Tidak banyak perempuan Indonesia yang berperan di dunia politik dan pemerintahan. Ibu Ida Fauziyah salah satu contoh sukses perempuan Indonesia," ujar Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid di sela menghadiri Sidang Promosi Doktor Ida Fauziyah.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP PKB ini, kiprah Ida Fauziyah di kancah politik dan sosial cukup panjang. Sebelum menjabat Menaker, perempuan kelahiran Mojokerto, Jawa Timur, 16 Juli 1969 itu, pernah empat periode menjadi anggota DPR RI.

Di Senayan, Ida juga pernah menjabat Ketua Fraksi PKB. Ida juga merupakan pendiri dan ketua Kaukus Perempuan Parlemen. Sementara di bidang sosial, Ida merupakan mantan ketua umum Fatayat NU. "Ibu Ida fauziyah bisa jadi contoh sukses perempuan Indonesia dari kalangan santri," katanya.
( )

Hal yang juga istimewa, gelar doktoral ini juga menjadi kado ulang tahun ke-52 Sang Menteri yang jatuh pada Kamis 16 Juli 2020, kemarin. "Selamat ulang tahun Ibu Ida Fauziyah. Sekarang adalah saatnya menerapkan pangarusutamaan gender pada Kementerian Ketenagakerjaan, dimana banyak pekerja migran perempuan yang masih kurang terlindungi," tutur pria yang biasa disapa Gus Jazil ini.

Gus Jazil pun mengucapkan selamat atas prestasi yang dicapai kerabatnya yang sama-sama menjabat Wakil Ketua Umum DPP PKB. "Saya sebagai teman seangkatan pada program S3 IPDN, menyampaikan selamat meraih gelar doktor Ibu Ida Fauziyah. Semoga ilmunya dapat diterapkan dan bermanfaat, utamanya bagi kemajuan perempuan Indonesia," tutur politikus asal Bawean, Gresik, Jawa Timur ini.

Hadir dalam Sidang Promosi Doktor Ida Fauziyah antara lain Ketua Umum DPP PKB yang juga Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Gus AMI, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal, Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh, dan sejumlah anggota DPR perempuan.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)