Dukung Jaksa Agung, Komisi III DPR Minta Pejabat Kejagung Fokus Kerja

Kamis, 09 Maret 2023 - 20:04 WIB
loading...
Dukung Jaksa Agung, Komisi III DPR Minta Pejabat Kejagung Fokus Kerja
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta seluruh jajaran Kejagung mengikuti arahan dari Jaksa Agung dan lebih fokus bekerja. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi III DPR mendukung Kejaksaan Agung ( Kejagung ) yang memerintahkan seluruh jajaran beserta keluarganya agar tidak memamerkan harta dan gaya hidup mewah. Perintah ini disampaikan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin yang mengingatkan agar masus pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun dapat dijadikan pembelajaran bagi seluruh jajaran Korps Adhyaksa, karena ia tak akan segan memberikan sanksi pencopotan.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni juga meminta seluruh jajaran Kejagung mengikuti arahan dari Jaksa Agung dan lebih fokus bekerja. Ia juga mendukung pencopotan pejabat Kejagung yang suka pamer harta dari sumber yang tidak halal.

"Saya kira seluruh jajaran Kejaksaan Agung harus benar-benar perhatikan dan ikuti instruksi dari Jaksa Agung. Fokus pada pekerjaan, hindari hal-hal yang tidak substantif. Peringatan keras dari Jaksa Agung ini bukan sekedar lip service semata. Bahkan bukan hanya yang pamer harta, tapi yang hartanya didapat dari proses-proses yang tidak halal juga harus dicopot. Jadi pejabat kejaksaan boleh saja hidup mewah, tapi jangan dari uang korupsi," kata Sahroni kepada wartawan, Kamis (9/3/2023).



Menurut Sahroni, saat ini kinerja Kejagung sedang baik dan mendapat apresiasi dari banyak pihak. Berbagai kasus- kakap sedang ditangani Kejagung. Untuk itu, politikus Partai Nasdem ini tidak ingin karena satu atau dua kesalahan anggotanya, kepercayaan besar masyarakat kepada Kejaksaan Agung hilang seketika.

"Saat ini Kejaksaan Agung sedang memegang kepercayaan yang sangat besar dari masyarakat. Capaian tersebut bukan hasil kerja satu atau dua hari, jadi tolong seluruh jajaran beserta anggota keluarga harus benar-benar jaga marwah institusi. Sadari di pundak saudara ada beban amanah besar yang dititipkan oleh masyarakat. Namun saya percaya seluruh insan Korps Adhyaksa memiliki integritas dan bisa jaga amanah tersebut," kata Sahroni.

Sebelumnya, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengingatkan kepada jajaran dan anggota keluarganya tidak bergaya hidup mewah, apalagi memamerkan harta kekayaannya. Ia tak segan mencopot para pelanggar dari jabatannya.

Baca juga: PPATK: Ada Setoran Uang Jumlah Besar dari Perusahaan ke Kepala Bea Cukai Makassar

Jaksa Agung juga meminta kepada seluruh isteri anggota Kejagung mendukung suami dalam berperilaku hidup sederhana. Burhanuddin menegaskan, tidak akan pandang bulu dan langsung mencopot jaksa yang anggota keluarganya memamerkan harta kekayaan.

"Saya akan menindak tegas jika masih ada yang bergaya hidup mewah-mewahan dan pamer kekuasaan. Saya tidak akan segan mencopot jabatan suami saudara, hanya karena pola hidup saudara yang suka memamerkan harta dan kekuasaan," katanya, Kamis (9/3/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4063 seconds (0.1#10.140)