Profil Partai Buruh: Ideologi, Asas hingga Sejarahnya

Selasa, 07 Maret 2023 - 11:35 WIB
loading...
Profil Partai Buruh: Ideologi, Asas hingga Sejarahnya
Partai Buruh resmi menjadi salah satu peserta pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang. Foto DOK Partai Buruh
A A A
JAKARTA - Partai Buruh resmi menjadi salah satu peserta pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang. Kepastian itu telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersamaan dengan 16 partai lainnya yang menjadi peserta pemilu.

Partai berwarna oranye ini mengusung ideologi Pancasila yang bertumpu pada sila ke-2 dan ke-5. Partai buruh dalam pemilu tahun 2024 mendatang mendapatkan nomor urut ke-6.

Partai Buruh telah didirikan oleh 4 Konferensi Serikat pekerja dan juga 50 federasi pekerja tingkat nasional, forum guru dan tenaga honorer serta organisasi petani terbesar di Indonesia.

Baca juga : Ini Alasan Partai Buruh Akan Kembali Dibangkitkan

Partai ini berasaskan Negara Sejahtera atau Welfare State dengan moto “We are the Working Class”. Sesuai dengan namanya, partai buruh telah menyasar pemilihnya yang berasal dari kalangan marjinal dan kalangan pekerja.

13 Platform Perjuangan dari Partai Buruh

Untuk memperjuangkan pemilihnya, Partai Buruh telah membawa 13 isu pokok yang akan diperjuangkan. Isu tersebut berisi tentang kesejahteraan untuk masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah.

Berikut 13 platform perjuangan Partai Buruh:

1. Kedaulatan Rakyat
2. Lapangan Kerja
3. Anti Korupsi
4. Jaminan sosial yang meliputi Jaminan Kesehatan, Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan
Pengangguran, Jaminan Pendidikan, Jaminan Perumahan, Jaminan Air Bersih, hingga Jaminan Makanan untuk Rakyat
5. Kedaulatan Pangan (tanah, benih, pupuk, anti impor beras untuk petani), Kedaulatan Ikan, dan Kedaulatan Ternak
6. Upah Layak
7. Pajak untuk Kesejahteraan Rakyat
Hubungan Industrial antara lain Tolak Outsourcing, Tolak Karyawan Kontrak Berkepanjangan, Pesangon yang Layak, jam Kerja yang Manusiawi,
8. Perlindungan Buruh Perempuan, Kerja Layak, Tolak Buruh Kasar TKA, Tolak Pemagangan, dan Tolak PHK yang dipermudah
9. Perlindungan Perempuan dan Anak Muda
10. Lingkungan Hidup, Masyarakat Adat, dan HAM
11. Kesejahteraan dan status PNS untuk Seluruh Guru dan Tenaga Honorer
12. Pemberdayaan Disabilitas
13. Membangun Kekuatan BUMN dan Koperasi

Ideologi Partai

Ideologi dari Partai Buruh adalah Pancasila yang bertumpu pada sila kedua dan sila kelima, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga : Partai Buruh Bangkit Kembali, Dideklarasikan 5 Oktober 2021

Asas Partai

Negara Sejahtera atau Welfare State

Sejarah Partai Buruh

Partai Buruh merupakan sebuah partai politik di Indonesia yang didirikan pada tanggal 28 Agustus 1998. Sejak berdirinya partai ini telah mengikuti pelaksanaan pemilu pada tahun 1999, 2004 dan tahun 2009.

Selama menjadi partai politik, Partai Buruh telah menggunakan nama yang berbeda yaitu : Partai Buruh Nasional (1998), Partai Buruh Sosial Demokrat (2005) dan Partai Buruh (2009).

Pendirian kembali dilakukan pada tahun 2021 di Jakarta, yang sekaligus menetapkan Said Iqbal sebagai Ketua Umum (Ketum) atau Presiden partai periode 2021-2026.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)