Rapimnas Rekomendasikan Muktamar DMI Dilaksanakan Bertahap

Senin, 06 Maret 2023 - 20:33 WIB
loading...
Rapimnas Rekomendasikan Muktamar DMI Dilaksanakan Bertahap
Wakil Ketua Umum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III di Kantor Pusat DMI, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Senin (6/3/2023). Rapimnas menghasilkan rekomendasi Muktamar DMI dilaksanakan secara gradual atau bertahap sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

"Ketum DMI Jusuf Kalla memberikan mandat untuk melaksanakan muktamar secara gradual sesuai AD/ART," kata Wakil Ketua Umum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin usai rampinas.

Syafruddin mengungkapkan, rekomendasi lain dalam Rapimnas III DMI adalah tidak menjadikan masjid sebagai panggung politik dalam pemilu 2024.

Baca juga: Bantah Ada Dalang, DMI Jawa Tengah Sebut Usulan Muktamar Murni untuk Organisasi

"Pengurus masjid dilarang memberikan panggung politik untuk tokoh politik dalam Pemilu 2024," kata mantan Wakapolri ini.

Pada bagian lain, Syafruddin mengaku telah mengunjungi kediaman Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan dan memintanya untuk menjadi bagian DMI. Setelah bersedia, Budi Gunawan kemudian diangkat menjadi Ketua Dewan Pakar DMI.

Untuk diketahu, DMI menyelengarakan Rapimnas III di Jakarta selama dua hari, 6-7 Maret 2023. Dalam rapimnas, pengurus wilayah melaporkan perkembangan hasil tugas masing-masing sekaligus mengajukan rekomendasi.

Dalam rapimnas juga akan dibahas konsolidasi dan tata tertib penyelenggaraan Muktamar DMI. Pada malam hari diselenggarakan diskusi konsep Wasathiyah Islam (Moderasi Beragama) yang dibawakan oleh pimpinan DMI Imam Addaruqutni, KH Mannan Abdul Ghani, dan H Bunyan Saptomo.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)