Pragmatisme Dinilai Masih Kuat di Tubuh Parpol

Kamis, 16 Juli 2020 - 13:00 WIB
loading...
Pragmatisme Dinilai Masih Kuat di Tubuh Parpol
Pengamat Politik Universitas Padjadjaran (Unpad), Idil Akbar menilai sebagian besar partai politik saat ini dinilai telah jatuh kepada pragmatisme demi menjaga survivalitasnya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagian besar partai politik saat ini dinilai telah jatuh kepada pragmatisme demi menjaga survivalitasnya. Hal tersebut dikatakan oleh Pengamat Politik Universitas Padjadjaran (Unpad), Idil Akbar menyikapi wacana dicalonkannya kembali Rahmat Effendi sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kota Bekasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Kota Bekasi mendatang.

“Tak hanya Golkar saya kira. Hampir semua partai melakukan hal yang sama. Kepemimpinan kuat di partai terkadang diperlukan untuk menjaga survivalitas partai. Pragmatisme partai politik saya pikir adalah kenyataan politik,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (16/7/2020). (Baca juga: Digoyang Demo, Pimpinan DPR Tegaskan Tidak Ada Pengesahan RUU HIP)

Di samping itu, dia menilai sudah menjadi kelaziman bagi Golkar menjadikan kepemimpinan di internalnya kuat. Sehingga tidak mempertimbangkan soal kalangan usia tua dan muda.

Padahal, kata dia, idealnya setiap partai menjalankan regenerasi berdasarkan semangat merit system. “Secara ideal memang harus ada regenerasi dan berdasarkan merit sistem. Hanya partai di Indonesia saya pikir belum siap untuk itu, hanya ada beberapa yang sudah menjalankannya,” katanya.

Menurut dia, masih kuatnya pragmatisme tersebut maka pencalonan kembali Rahmat Effendi sebagai Ketua DPD Golkar Kota Bekasi tidaklah mengherankan. Ditambah lagi posisinya sebagai Wali Kota Bekasi yang notabenenya memiliki daya tawar politik tinggi di Golkar.

“Apalagi, dalam kepemimpinannya bisa mempertahankan dominasi perolehan kursi di DPRD Kota Bekasi. Walau itu saya pikir juga akan jadi pertimbangan, apakah itu bisa disebut prestasi atau karena memang kewajibannya sebagai Ketua DPD Golkar. Saya pikir itu hanya masalah perspektif politik saja,” pungkasnya.

Sekadar diketahui sebelumnya, pada Sabtu (4/7/2020) sejumlah Kader Muda Partai Golkar Kota Bekasi sempat mengadakan kegiatan deklarasi dukungan terhadap Ketua DPD Partai Golkar, Rahmat Effendi untuk kembali memimpin Partai Golkar Kota Bekasi. Hadir di antaranya Generasi Muda (GEMA) MKGR Kota Bekasi, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), AMPI Kota Bekasi dan sejumlah kader muda lainnya. .( )

Inisiator Kegiatan deklarasi, Tarsono Iday mengatakan kegiatan itu bertujuan menyatukan dukungan untuk Rahmat Effendi kembali menjadi Ketua DPD Partai Golkar Kota Bekasi. “Kita satukan suara dan satukan dukungan. Kader muda Golkar Kota Bekasi masih berharap agar Bapak Rahmat Effendi kembali memimpin Partai Golkar. Kita masih membutuhkan sosok beliau memimpin Partai Golkar Kota Bekasi,” katanya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)