Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi, Pengamat: Dia Terjun ke Masyarakat

Rabu, 01 Maret 2023 - 14:00 WIB
loading...
Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi, Pengamat: Dia Terjun ke Masyarakat
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan santunan kepada anak yatim saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Partai Gerindra di Kantor DPP Gerindra, Jakarta, Senin (6/2/2023). Foto/Dok MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menanggapi hasil survei lembaga Median tentang elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di peringkat teratas, yakni 20,5 persen. Di bawah Ketua Umum Partai Gerindra itu, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 18,9 persen dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 17,9 persen.

Meski menurut Median belum ada satu pun capres yang memiliki elektabilitas lebih dari 50%, namun nama Prabowo cenderung kokoh berada di atas. Ujang berpendapat, unggulnya Prabowo atas dua kandidat capres lainnya adalah karena pergerakan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut sudah tepat.

Ujang menuturkan, sosialisasi yang dilakukan oleh Prabowo dengan bertemu masyarakat secara langsung, menjumpai tokoh-tokoh masyarakat menjadi salah satu faktor naiknya elektabilitas Prabowo. “Dia turun ke masyarakat, ketemu tokoh-tokoh NU di Jawa Timur, itulah mungkin yang bisa dilihat untuk menguji hasil dari bahwa Prabowo ungguli Ganjar dan Anies di survei Median,” katanya, Selasa (28/2/2023).





Selain itu, survei yang dilakukan pada periode waktu 22-26 Februari ini juga menempatkan nama Prabowo unggul dalam semua simulasi empat calon presiden pilihan dengan perolehan rata-rata 25,6 persen. Survei yang dilakukan oleh Median ini menggunakan metodologi rancangan non-probability sampling yang disebarkan melalui platform media sosial Facebook dengan target pengguna aktif berusia 17-60 di 38 provinsi.

Survei ini juga dimaksudkan untuk menggali persepsi pengguna sosial atau netizen dalam menentukan calon presiden Indonesia 2024-2029.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)