Anies-Sandi Jadi Capres-Cawapres Teratas Versi Survei Voxpol, Mengulang Kesuksesan Pilkada DKI?

Rabu, 22 Februari 2023 - 16:23 WIB
loading...
Anies-Sandi Jadi Capres-Cawapres Teratas Versi Survei Voxpol, Mengulang Kesuksesan Pilkada DKI?
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berada di peringkat pertama dalam simulasi capres-cawapres Pilpres 2024 versi Voxpol Center Research and Consulting. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berada di peringkat pertama dalam simulasi capres-cawapres Pilpres 2024 versi Voxpol Center Research and Consulting. Duet ini meraih elektabilitas tertinggi dengan perolehan elektabilitas sebesar 33,8 persen.

Keduanya unggul dibandingkan pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir dengan elektabilitas sebesar 30,7 persen dan pasangan Prabowo-Khofifah dengan elektabilitas 25,9 persen. Hasil survei itu menunjukkan Anies-Sandi menjadi pasangan potensial dan berpeluang mengulang kesuksesan layaknya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal menyambut baik hasil survei yang dirilis Voxpol Center Research and Consulting pada Selasa (21/2/2023). "Saya kira Mas Sandi ini adalah orang yang sangat dekat dengan PKS, karena pernah diusung dan ini adalah pasangan yang pernah menang, artinya kami menyambut baik survei Mas Sandi yang tinggi," ujar Iqbal saat dihubungi, Rabu (22/2/2023).



"Memang saat ini kita belum menentukan cawapres, artinya Sandi masih berpeluang untuk bisa diusung PKS, siapa saja berpeluang, termasuk Sandi, apalagi punya survei yang tinggi dan pernah menang bersama Anies," katanya.

Hanya saja, lanjutnya, PKS yang kini tergabung dalam Koalisi Perubahan bersama Partai Nasdem dan Partai Demokrat menyerahkan keputusan penetapan cawapres kepada Koalisi Perubahan dan Anies selaku capres 2024.

"Saya kira dalam politik itu sangat dinamis, walaupun kita sudah memutuskan bahwa Pak Anies yang nanti juga akan memutuskan (cawapres) dan tentu ada persetujuan dari partai pengusung, saya kira bukan tidak mungkin Mas Sandi satu hari akan bersanding lagi dengan Pak Anies," jelasnya.

Pernyataannya itu merujuk profil Sandiaga Uno yang merupakan seorang pengusaha sukses yang memiliki jaringan luas di dunia bisnis. Sosok politisi seperti Sandiaga Uno katanya dibutuhkan untuk kembali membangkitkan perekonomian bangsa pascapandemi Covid-19 dan resesi global tahun 2023.

"Kita kan sekarang menghadapi gejolak ekonomi dunia, kita memerlukan orang-orang yang kuat di dunia usaha, kuat di networking global, dan saya kira Mas Sandi ini Profil yang bisa mengisi kekosongan-kekosongan enterpreneur, anak muda, juga bisa mewakili-representasi dari pemikiran milenial-milenial kita," ungkapnya.

Seperti diketahui, Voxpol Center Research and Consulting merilis survei sejumlah tokoh yang akan maju dalam Pilpres 2024. Dalam survei itu, diketahui popularitas Prabowo berada pada peringkat pertama dengan popularitas 93 persen, Anies berada pada peringkat kedua dengan popularitas 80,7 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)